Mohon tunggu...
Pst. Nus Nd
Pst. Nus Nd Mohon Tunggu... Dosen - Sahabat Sejati

Bukan Ahli, hanya ingin berbagi kebaikan

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Ingin Sukses? Yuk, Intip Riset Thomas J Stanley

20 Agustus 2021   21:52 Diperbarui: 20 Agustus 2021   23:40 2224
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Jika ditanya apa yang diharapkan manusia, salah satu jawabannya adalah ingin sukses. Tetapi jika digali lebih jauh, apa itu sukses, bisa saja kita menemukan jawaban yang beragam dari masing-masing orang.

Mengapa? Karena kesuksesan adalah area yang multitafsir, artinya tidak ada definisi tunggal atasnya, karena bisa saja masing-masing orang punya konsep tersendiri tentang kesuskesan. Apa yang saya anggap sebagai kesuksesan, belum tentu menurut orang lain demikian. Bisa sebaliknya.

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) mendefinisikan kesuksesan sebagai keberhasilan atau keberuntungan. Mungkin saja pendefinisian ini bertolak dari pandangan umum yang berlaku di masyarakat.

Dalam kehidupan sehari-hari biasanya seorang dikatakan sukses jika: ia mencapai hal yang ia dambakan, yang ia cita-citakan dalam hidup. Misal, sukses dalam tugas jika ia berhasil menyelesaikan apa yang menjadi tanggungjawab tugasnya, sukses dalam karier artinya seseorang mencapai puncak tertinggi dalam karier, sukses dalam studi artinya seorang mendapat nilai yang memuaskan dan mencapai jenjang pendidikan tertentu sebagaimana yang ia harapkan.

 Apapun definisinya tetapi yang pasti keinginan untuk sukses adalah dambaan manusia, adalah alasan mengapa manusia bekerja keras, mengapa orang tua menyekolahkan anaknya, mengapa seorang mahasiswa rela mengorbankan jam istrahatnya untuk mengerjakan tugas kuliah, mengapa ribuan orang rela meninggalkan kampung halamannya untuk merantau, dan sebagainya

Mungkin juga inilah yang menggerakan Thomas J Stanley mengadakan riset  khusus untuk menemukan faktor-faktor penentu kesuksesan.  Oh iya, pasti kta sudah banyak mengenal tentang Thomas J. Stanley, mungkin ada juga yang pernah membaca karya-karya pemikirannya.

Dia adalah seorang berkewarganegaraan Amerika yang lahir tahun 1944 dan meninggal tahun 2015. Ia adalah seorang penulis. Sebagian besar kariernya dihabiskan untuk mempelajari bagaimana orang Amerika bisa sukses secara finansial.  Salah satu karya monumentalnya adalah terkait dengan temuannya terkait dengan faktor-faktor penentu kesuksesan, yang ia bukukan dalam buku The Millionaire Next Door: Strategi bertahan untuk membangun kekayaan. (bdk. wikipedia). Temuannya ini adalah hasil riset yang dilakukan kepada lebih kurang 733 orang kaya di Amerika.

Menurut temuannya ini, ternyata banyak sekali faktor penentu kesuksesan. Dari banyak faktor itu, terdapat 10 faktor teratas yang pantas mendapat perhatikan, yang bisa juga menjadi rujukan bagi kita yang berjuang untuk sukses dalam hidup. Apa itu?


1. Kejujuran

2. Disiplin

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun