Mohon tunggu...
Nurwendo Haricahyadi
Nurwendo Haricahyadi Mohon Tunggu... Dosen - Anak Kolong Yang Gemar Menulis

1. Ketua DPP KNPI 1996-1999 2. Ketua PP Generasi Muda FKPPI 1998-2001 3. Wakil Sekretaris Dewan Pertimbangan Generasi Muda FKPPI 2008-2018 4. Anggota DPR/MPR RI 1997-2002 5. Dosen 1984-Sekarang 6. Penulis Buku 2020-Sekarang 7. Penulis Di UC We Media 2017-2020

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Terbitkan Buku dengan QRCBN

1 Mei 2022   21:13 Diperbarui: 1 Mei 2022   21:21 9285 7 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber gambar: Dokumen pribadi

Selamat pagi sobat,

Beberapa hari lalu, saya banyak menyimak perbincangan di WA Group komunitas Penulis maupun di media online berkaitan dengan penundaan pemberian ISBN (International Standard Book Number) dari Perpustakaan Nasional (Perpusnas). 

Banyak rumor yang beredar bahwa ke depannya Perpusnas bakal selektif dalam pemberian ISBN. Buku buku seperti antologi, bahan ajar kabarnya tak lagi diberikan ISBN oleh Perpusnas dan pihak Perpusnas menyarankan untuk beralih ke QRCBN.

Saya juga membaca di akun instagram sebuah Penerbit yang menawarkan penerbitan buku gratis dengan lisensi QRCBN.


Kaitan dengan QRCBN ini, saya lantas menjadi penasaran dan mulai mencari tahu. Sampai akhirnya saya mendapatkan informasi bahwa QRCBN atau singkatan dari Quick Response Code Book Number adalah sebuah Teknologi Pengidentifikasi sebuah Buku yang berbentuk Quick Response (QR) Code.

QR Code tersebut memuat detail Informasi buku, mulai dari detail Penulis, Buku dan juga detail Penerbit atau Self-Publisher.

Dengan menggunakan QRCBN maka sebuah buku lebih mudah dikenal dan ditemukan dari seluruh dunia.

Kemudian saya mencari lebih lanjut tentang QRCBN ini dan saya menemukan via mbah Google, sebuah website : www.qrcbn.com yang setelah saya buka merupakan website yang berfungsi membantu penerbit atau penulis menerbitkan sebuah buku dengan lisensi QRCBN.


Untuk bisa menerbitkan buku di website tersebut, saya harus mendaftar lebih dulu dan dalam pilihan di bagian pendaftaran saya memilih sebagai Self-Publishing.

Setelah selesai mendaftar maka saya mendapatkan email untuk verifikasi akun saya dengan email yang saya daftarkan. Setelah saya konfirmasi maka saya sudah bisa masuk ke akun saya dan siap untuk menerbitkan buku.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan