Mohon tunggu...
nur wakhidah
nur wakhidah Mohon Tunggu... Siti nur wakhidah

Pelajar

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Covid-19 di Kendal

27 Januari 2021   21:35 Diperbarui: 4 Februari 2021   20:27 138 14 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Covid-19 di Kendal
11-601bf5abd541df745b70ca63.jpg

                       SMK NEGERI 1 KENDAL

Covid, tak asing lagi mendengarnya. Tentu saja, bagaimana tidak? Sudah sekian lamanya covid hidup berdampingan dengan kita semua. Covid secara cepat tersebar di kalangan masyarakat. Hampir sebagian besar masyarakat di Indonesia khususnya Kendal sudah banyak yang terjangkit penyakit satu ini. Ada apa gerangan dengan semua ini?

Covid-19 merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus corona. Menurut pengamatan, untuk mengetahui penyebab terjadinya penyakit ini cukup mudah. Disamping itu, gejala - gejalanya juga dapat diketahui secara jelas.

Di Kendal, sekarang ini sedang dihebohkan mengenai Covid-19. Tak hanya kalangan orang tua saja, anak kecil bahkan bayi pun juga banyak yang terpapar oleh Covid-19 ini. Begitu cepatnya Covid-19 menyebar di kalangan masyarakat. Hampir setiap hari banyak kasus yang terkena virus satu ini.

Menurut saya, Covid ini memiliki dampak yang sangat berbahaya di tengah - tengah kehidupan masyarakat, khususnya Kendal. Selain itu, dengan munculnya virus tersebut, masyarakat juga banyak yang mengeluh akan persoalan pendapatan pada masa sekarang ini. Diluar sana banyak orang yang menghabiskan waktunya untuk mencari nafkah, guna untuk memenuhi kehidupan keluarganya.

Oleh karena itu, munculnya covid ini menjadikan semua aktifitas terhambat. Banyak masyarakat yang mengeluh akan masalah kehidupannya di era pandemi ini. Dan kini, angka pengangguran pun semakin terus meningkat. Berbagai upaya pencegahan pun terus dilakukan, supaya covid-19 ini segera berakhir. Karena virus ini dapat menimbulkan berbagai dampak baik positif maupun negatif.

Positifnya, pencegahan covid-19 mengakibatkan turunnya angka penularan penyakit influenza, usaha pencegahannya meliputi karantina, sosial lockdown, dan menggunakan masker. Dilakukan pada seluruh suspect agar dapat terdeteksi sedini mungkin. Selain itu, juga dapat menurunkan risiko penularan serta meningkatkan perlindungan diri.

Sedangkan dampak negatif corona hingga saat ini sedang dialami hampir setiap wilayah di Kendal. Tak hanya berdampak bagi kesehatan, tapi juga berbagai aspek kehidupan lainnya. Hingga kini, belum diketahui kapan pandemi covid-19 selesai, sehingga yang bisa dilakukan adalah menerapkan usaha pencegahan.

"jangan lupa cuci tangan sebelum makan, setelah menggunakan toilet, usai menyentuh hewan atau membersihkan kotoran, usai bersin atau batuk, ketika merawat orang sakit, serta sebelum, selama, dan setelah menyiapkan makanan"

Dampak positif dan negatif virus corona memberi banyak pelajaran kepada kita semua terkait pentingnya usaha pencegahan. Penerapan tindakan preventif juga menjadi bekal menghadapi berbagai penyakit lain di masa mendatang.

Belakangan ini, di masyarakat banyak kasus yang terjadi akibat covid-19 ini. Contohnya saja, kita tidak melakukan pencegahan sesuai aturan pemerintah. Akibatnya juga kembali ke diri kita sendiri, karena tidak menaati peraturan yang berlaku. Jadi sebenarnya mematuhi protokol kesehatan itu sangatlah penting atau tidak?

Siti Nur Wakhidah

SMK Negeri 1 Kendal

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x