Mohon tunggu...
KKN Desa Tlasih
KKN Desa Tlasih Mohon Tunggu... Penulis - MEDIA EKSPRESI

menulis banyak hal

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Efektivitas Konsumsi Listrik Desa Tlasih melalui Lampu Hemat Energi Dilengkapi dengan Panel Surya

21 Juli 2021   19:24 Diperbarui: 21 Juli 2021   19:32 27 1 0 Mohon Tunggu...

Pandemi COVID-19 yang melumpuhkan segala bidang terutama pada bidang ekonomi menjadi penyebab semakin meningkatnya penggunaan listrik disebabkan segala kegiatan yang harus dilakukan dari rumah. Konsumsi listrik yang meningkat akan menjadi suatu masalah apabila penyediaanya tidak sejalan dengan kebutuhan. Dalam hal ini, energi alternatif yang terbarukan memiliki peran penting dalam pemenuhan kebutuhan energi listrik

Dari pemaparan di atas, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) pulang kampung UM di Desa Tlasih, kecamatan Tulangan, Sidoarjo memberikan gagasan berupa pemanfaatan energi alternatif berupa sel surya dalam mengurangi konsumsi listrik di desa Tlasih. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata UM membuat program kerja berupa "Sosialisasi Pembuatan Lampu Hemat Energi Menggunakan Panel Surya" guna memberi wawasan baru kepada masyarakat khususnya desa Tlasih sekaligus menghemat penggunaan listrik di Desa Tlasih.

Kegiatan pembuatan lampu hemat energy menggunakan panel surya ini dimulai pada minggu kedua berlangsungnya KKN, yakni pada tenggang waktu 20 Juni 2021 hingga 30 Juli 2021. Diawali dengan perancangan program dengan melakukan observasi di lingkungan desa Tlasih hingga pemasangan lampu hemat energy menggunakan panel surya di desa Tlasih.

Dengan adanya lampu hemat energy menggunakan panel surya di desa Tlasih, diharapkan dapat memberikan dampak bagi mahasiswa maupun masyarakat yang ada di desa Tlasih. Kegiatan ini menjadi sarana bagi mahasiswa dalam mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang didapatkan di dunia perkuliahan dan melatih kerja sama dalam sebuah tim untuk mensukseskan rancangan kerja yang telah disusun. Kegiatan ini juga menjadi sarana bagi masyarakat dalam mengembangkan ide dan gagasan baru yang dapat dikembangkan untuk kedepannya, serta mendapatkan keterampilan mengenai pembuatan lampu hemat energi menggunakan tenaga panel untuk mengurangi konsumsi listrik warga desa Tlasih.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x