Mohon tunggu...
Nur Wachid
Nur Wachid Mohon Tunggu... Guru - Akademisi

I just like doing something useful for my life.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Pentingnya Mengisi Kemerdekaan dengan Hal-Hal Positif

15 November 2023   11:16 Diperbarui: 15 November 2023   11:39 242
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Upacara Hari Pahlawan 10 November 2023 MTs SA Manba'ul Quran Semarang dengan Pembina Upacara Bp Nurwachid, S.Pd.I.,M.Pd,Gr, dokpri

Kemerdekaan yang diperoleh bangsa Indonesia merupakan hasil dari kerja keras para pahlawan perjuangan. Mereka yang berjuang dengan sekuat tenaga dengan penuh keringat, bercucuran darah dan meneteskan air mata merupakan orang-orang hebat yang rela mempertaruhkan segalanya untuk mendapatkan kata Merdeka

Kemerdekaan yang mereka cita-citakan nyatanya tidak sempat mereka nikmati karena mereka telah gugur di medan pertempuran. Anak muda, apakah kalian tahu betapa sulit dan kerasnya untuk meraih kemerdekaan? Bagaimana suka duka perjuangan yang dilakukan oleh para pahlawan bangsa? Disinilah kita akan berbincang sejenak tentang makna mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif yang berguna bagi bangsa Indonesia.

Mari sejenak kita merenung, pernahkah kita menanam pohon durian atau pohon kelapa? Seberapa lama pohon itu berbuah dari pertama kali ditanam? Pohon durian bisa berbuah setelah 5 tahun sementara pohon kelapa bisa berbuah setelah sekitar 6-7 tahun. Lama bukan? Iya, tentunya pohon tersebut untuk bisa menghasilkan buah membutuhkan waktu yang tidak sebentar. 

Sekarang coba kita bayangkan perjuangan kemerdekaan selama ratusan tahun lalu dan Merdeka pada tahun 1945. Tentunya dari ratusan tahun itu banyak pahlawan bangsa yang telah gugur dan tidak sempat mencicipi rasa kemerdekaan yang mereka idam-idamkan. Pahlawan ibarat manusia yang menanam pohon yang membutuhkan waktu lama untuk memanen hasilnya. 

Menanam pohon membutuhkan pupuk, air dan juga mineral lainnya sedangkan perjuangan membutuhkan pikiran, tenaga, air mata, darah dan bahkan nyawa yang harus dipertaruhkan. Kita patut bersyukur atas jasa para pahlawan yang telah mempertaruhkan segalanya untuk kemerdekaan bangsa Indonesia sehingga kita bisa menikmati kebebasan berkumpul, berdagang, berserikat dan lain sebagainya.

Pembina Upacara Bapak Nurwachid, S.Pd.I.,M.Pd, Gr, dokpri
Pembina Upacara Bapak Nurwachid, S.Pd.I.,M.Pd, Gr, dokpri
Sekarang ini waktu bagi kita untuk mengisi hasil jerih payah para pahlawan bangsa dengan hal-hal yang positif bukan malah memenuhi kemerdekaan dengan bermalas-malasan dan saling bermusuhan. Terlebih kita yang hidup di tahun 2023 adalah manusia beruntung yang bisa menikmati begitu banyak media digital yang memanjakan dengan informasi yang actual dan update sepanjang waktu. 

Dengan kemudahan itu tentunya kita harus bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan mampu memberikan sumbangsih nyata untuk mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia. Jangan malah sebaliknya, kita menjadi insan yang tenggelam dengan berselancar di dunia maya, menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk menonton video yang kurang bermanfaat atau bahkan hanya mengisinya dengan menyebarkan berita bohong yang menyesatkan bagi orang lain.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengisi kemerdekaan bangsa Indonesia:

  • Menjaga persatuan dan kesatuan dengan menghargai perbedaan

Semangat bhinneka tunggal ika harus kita tanamkan didalam diri kita sebagai warga negara Indonesia. Ini penting sekali untuk menangkal intoleransi yang kadang muncul secara sadar ataupun tidak sadar disekitar kita. Coba bayangkan jika para pahlawan dahulu tidak bersatu padu melawan penjajah dan malah tercerai berai tentunya kata kemerdekaan akan sulit terwujud di bumi pertiwi Indonesia. 

Oleh karena itu kita sebagai insan yang hidup di masa setelah kemerdekaan harus memiliki kesadaran akan pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan untuk mewujudkan masyrakat yang “adem, ayem, tentrem, gemah ripah loh jinawi”. Menghargai perbedaan merupakan suatu nilai yang harus terus kita pelihara dan lestarikan karena Indonesia terdiri dari berbagai macam suku, bangsa, agama, ras, dan adat kebiasaan yang berbeda. Jadikanlah perbedaan itu sebagai sebuah kekayaan bangsa dan dikemas menjadi kebudayaan nasional yang harus kita lestarikan dan perkenalkan ke dunia internasional.

Kita pasti tahu bahwa saat ini ada banyak produk lokal yang dijual dipasaran. Sebagai salah satu cara mengisi kemerdekaan adalah dengan mencintai dan mendukung produk lokal yang ada disekitar kita. Ada banyak kok brand atau nama-nama produk lokal yang diperjual belikan baik berupa kosmetik, pakaian, sepatu, mebel, kendaraan, atau bahkan alat-alat elektronik. 

Dengan membeli dan menggunakan produk lokal berarti kita telah membantu mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif. Kita jangan sampai malu untuk memakai produk lokal, jangan hanya karena gengsi kita tidak mau menggunakan hasil buatan anak bangsa. Jika berbicara kualitas maka sebenarnya kualitas produk lokal tidak kalah dengan produk-produk impor. Jadi tunggu apalagi ayo kita bersama-sama mencintai dan mendukung produk lokal untuk berkembang dinegeri kita sendiri.

  • Belajar yang sungguh-sungguh dan penuh semangat

Sebagai anak muda, jangan sampai cepat puas dengan pencapaian yang baru saja diperoleh. Jadikanlah pencapaian tersebut sebagai titik awal untuk belajar lebih giat lagi agar bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki. Terlebih bagi kita yang belum bisa mencapai sesuatu yang kita cita-citakan maka kita harus lebih semangat belajar untuk menyongsong masa depan yang cerah. 

Bukankah belajar itu tidak mengenal waktu dan batasan usia? Sejak di buaian sampai liang lahat kita harus tetap belajar, bisa dikatakan selagi nafas masih berhembus maka kita wajib belajar. Indonesia akan menjadi negara yang jauh lebih hebat dengan pemuda yang semangat belajar, bukan dengan pemuda yang hanya bermalas-malasan dan suka menunda pekerjaan. Ukirlah nama kalian seperti nama pahlawan yang telah memberikan sumbangsih nyata bagi kemerdekaan bangsa.

Itulah tadi sedikit tentang pentingnya mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif. Kita sebagai anak muda jangan cepat berpuas diri, kita sebagai pemuda jangan sampai berhenti belajar, dan kita sebagai pemuda harus belajar mencintai produk lokal dengan membelinya dan menggunakannya. Banggalah menjadi bangsa Indonesia dengan saling menghormati dan menghargai perbedaan untuk mewujudkan kemakmuran, ketentraman dan keamanan bagi sesama warga negara Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun