MASALAH PERKEMBANGAN
Nurul Sulistiawati Sapeni¹,Prof. Dr. Novianty Djafri M.Pd.I²
Manajemen pendidikan,Fakultas ilmu pendidikan,Universitas Negri Gorontalo
ABSTRAK
Masalah perkembangan pada hakikatnya bahwa anak memiliki kodrat variasi dan irama perkembangan dirinya sendiri yang harus diketahui setiap orang tua agar orang tua tidak berfikir negatif tentang perkembangan diri anaknya sehingga Aristoteles mengemukakan ada 3 fase mulai dari 0 -- 7 tahun masa kanak-kanak,7 -- 14 tahun masa sekolah dan 14 -- 21 tahun masa puberitas. Sehingganya perkembangan di pengaruhi oleh 2 faktor yaitu faktor dalam dan faktor luar sehingga mereka bisa menggembangkan dirinnya agar cita-cita bisa tercpai.
PENDAHULUAN
Masalah Perkembangan adalah masalah dimana anak memiliki sifat-sifat yang berbeda dari setiap anak dan harus di ketahui oleh setiap orang tua, oleh karena itu orang tua harus menggontrol masalah-masalah anak agar tidak dapat merugikan orang tua dan anak tersebut.
Ketika orang tua bersikap keras atau tak acuh terhadap segala gerak dan aktivitas anak maka perkembangan anak tersebut akan terganggu karena pemikiran ataupun aktivitasnya selalu di larang walaupun kegiatan tersebut bersifat positif.
LATAR BELAKANG
Masalah perkembangan harus diketahui oleh orang tua dan diri sendiri agar tidak berpengaruh kedepannya terhadap masa depan anak tersebut sehingga cita-cita yang di inginkan orang tua dan di minati oleh anak tersebut bisa tercapai.
METODE