Mohon tunggu...
Nurul Rahmawati
Nurul Rahmawati Mohon Tunggu... Blogger bukanbocahbiasa.com tinggal di #Surabaya

www.bukanbocahbiasa.com

Selanjutnya

Tutup

Viral Pilihan

Stop Over-Glorifikasi Nikah Muda!

21 Mei 2021   13:10 Diperbarui: 21 Mei 2021   14:04 523 31 8 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Stop Over-Glorifikasi Nikah Muda!
Alvin Faiz dan Larissa Chou (sumber: detik.com/ IG Alvin)

Hari ini sebuah kabar yang (relatif) mengejutkan datang dari pasangan yang dulunya (berani) nikah muda: Alvin Faiz digugat cerai oleh istrinya Larissa Chou. Alvin (putra almarhum Ustadz Arifin Ilham) menikah di usia 17 tahun. Saat ini, rumah tangga mereka telah berjalan selama 5 tahun dan dikaruniai 1 anak yang lucu, ganteng dan sehat. 

Saya bukan mau julid/ nyinyir dengan peristiwa yang tengah dihadapi dua anak muda ini. Mereka mau nikah muda, silakan. Mereka mau bercerai, juga monggo. I'm not wearing their shoes, jadi saya sama sekali tidak berhak menghakimi keputusan dua kawula belia ini. Sekali lagi, perlu saya garisbawahi bahwa saya menghormati semua keputusan yang telah mereka goreskan, lagian who I am to judge, anyway

Yang ingin saya highlight dalam artikel kali ini adalah: please adek-adek follower IG para selebgram. Tolong, berhenti melakukan over glorifikasi terhadap keputusan para idola adek-adek ya... Termasuk baper akut ketika menyaksikan sisi romantis para selebgram yang berani mengambil keputusan untuk nikah muda aja lah, ketimbang zina. 


Kalau dalam ajaran agama Islam, apabila seseorang sudah ingin menikah, tapi belum mampu (baik secara mental, emosi, finansial, dst dllnya) maka ada SOLUSI yang bisa dijalankan. 

Dalam sebuah hadist, Rasulullah bersabda: 'Wahai para pemuda, barangsiapa di antara kalian yang mampu menikah, maka menikahlah. Karena menikah lebih dapat menahan pandangan dan lebih memelihara kemaluan. Dan barangsiapa yang tidak mampu, maka hendaklah ia berpuasa; karena puasa dapat menekan syahwatnya (sebagai tameng).( HR Bukhari)

Demikian pula, apabila kita mengkaji firman Allah di QS. An-Nuur: 33  yang artinya), "Dan orang-orang yang tidak mampu kawin hendaklah menjaga kesucian (diri)-nya, sehingga Allah memampukan mereka dengan karunia-Nya."

Jadi, agama Islam sudah memberikan solusi yang bisa kita terapkan, apabila ada hasrat untuk menikah, namun belum mampu. 


So, buat adek-adek yang manis dan baik hatinya.... 

Mulai sekarang, cobalah untuk lebih memperdalam ilmu, baik itu agama, parenting, komunikasi dan sebagainya. Menikah dan membangun Mahligai Rumah Tangga itu sesuatu yang amat sangat kompleks! 

Ibaratnya kita tengah berlayar menuju samudera luas, dengan aneka goncangan, hentakan, badai, tornado, dll, yang boleh jadi beberapa kali singgah dalam pelayaran yang sedang kita lakoni. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN