Mohon tunggu...
Nurulloh
Nurulloh Mohon Tunggu... Jurnalis - Building Kompasiana

Ordinary Citizen

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

Setelah Satu Dekade, Ke Mana Kompasiana Selanjutnya?

22 Oktober 2018   15:09 Diperbarui: 22 Oktober 2018   22:25 1033
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
1 Dekade Kompasiana

Hari ini, 22 Oktober 2018 merupakan hari jadi yang ke-10 blog platform Kompasiana.

Selain momentum penting untuk mensyukuri segala hal yang telah dilalui, hari lahir produk yang pertama kali dikenal dengan "Journalist Blog Network" ini sejatinya dimanfaatkan untuk mengevaluasi kinerja dan posisinya sebagai blog platform.

Kisah mengenai sejarah Kompasiana telah bertebaran di mana-mana dengan beragam bentuk referensi. Apalagi, jika Anda sudah melahap habis buku "Kompasiana, Etalase Warga Biasa" karya Pepih Nugraha, sang bidan yang melahirkan Kompasiana.

Tidaklah pantas saya berpanjang kata mengulang cerita seperti apa perjalanan Kompasiana sejak tahun 2008 silam.

Sebagai entitas produk digital, usia 10 tahun tidaklah lagi belia. Berbeda dengan manusia, di usia ini baru memulai masa pra remaja yang banyak diisi dengan bermain dan bercanda.

Proses panjang yang telah dilalui selama 10 tahun ke belakang tidaklah selalu mulus. Sesekali Kompasiana memperoleh rapor merah.

Protes hingga teguran dari berbagai pihak telah menjadi "teman" yang mengawal tumbuhnya produk yang namanya diambil atas usulan Wartawan Senior harian Kompas Budiarto Shambazy ini.

Meskipun begitu, Kompasiana juga telah banyak menorehkan banyak cerita dan fakta yang patut dibanggakan.

Di usia dua tahun pertamanya pada 2010, Kompasiana berhasil menyabet tiga penghargaan sekaligus. Salah satunya penghargaan sebagai UGC terbaik di kawasan Asia yang diberikan oleh WAN-IFRA. Rekam jejaknya bisa di lihat di sini.

Soal nilai atau valuasi, big data yang dimiliki Kompasiana mungkin cukup menggiurkan bila ditawarkan ke para penanam modal yang biasa berburu usaha rintisan (start up) potensial.

Sampai akhir September 2018, Kompasiana telah memiliki lebih dari 381 ribu anggota (Kompasianer) dengan jumlah kunjungan (pageviews) 26 juta perbulannya. Sedangkan jumlah konten yang tayang telah malampaui angka 1.6 juta! 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun