Mohon tunggu...
Nurul Hidayat
Nurul Hidayat Mohon Tunggu... Dosen - It's a wonderful life

Betapa sedikitnya pengetahuan kita tentang hidup, diri kita, dan dunia di sekitar kita.

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Kerahkan Semua Kekuatan untuk Lolos Seleksi BUMN

19 April 2022   08:38 Diperbarui: 19 April 2022   20:20 273 8 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Seleksi CPNS (KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO) 

Terhitung mulai tanggal 14 April sampai seminggu ke depan BUMN membuka lowongan pekerjaan dengan 2.700+ formasi di 50+ BUMN grup. Buat kamu yang sekarang sedang memburu pekerjaan, lowongan BUMN ini menjadi peluang yang tepat. Nah, apa saja tips dan trik untuk lolos seleksi dan sukses bekerja di BUMN? Simak ulasan berikut ini.

Yuk kita mulai dari poin kedua! Loh, kenapa tidak mulai dari poin pertama? Santai, nanti poin pertama saya letakkan di ujung artikel ini. 

Oke, poin kedua adalah tanya pada diri sendiri kenapa harus memilih BUMN.

Ini penting karena memilih pekerjaan adalah salah satu pilihan penting dalam hidup. Memutuskannya tidak boleh main-main. Waktu yang akan kamu investasikan di sebuah perusahaan itu tidak singkat. Karena itu pikirkan baik-baik. Buat checklist apa manfaat bagi kamu jika kamu nanti berkarir di BUMN. 

Lebih daripada itu, kontribusi apa yang bisa kamu berikan kepada perusahaan. Kira-kira tantangan apa yang mungkin akan muncul selama bekerja di BUMN yang kamu pilih.

Peluang apa saja yang bisa kamu maksimalkan untuk perkembangan karir. Kesediaan kamu untuk ditempatkan di seluruh wilayah negara Indonesia perlu dipikirkan secara matang.

Cari informasi yang sebanyak-banyaknya dari mereka yang sudah bekerja di BUMN supaya kamu punya gambaran tentang dunia kerja BUMN. Ini penting untuk memperkuat alasan kamu memilih BUMN.

Alasan kamu kenapa memilih bekerja di BUMN ini harus kuat. Kalau sudah ketemu motif itu, nah barulah daftar. Ini akan sangat bermanfaat ketika kamu sudah masuk pada tahapan wawancara. Karena...

Salah satu pertanyaan wajib ketika wawancara adalah "Kenapa Anda memilih bekerja di sini?"

Sekarang poin ketiga ya, kenali potensi dan kelemahan diri. Ketika kamu bisa mengenali diri kamu sendiri, itu berarti kamu punya kecerdasan yang luar biasa. Mengenali diri sendiri ini penting supaya kamu bisa ukur batas kemampuan kamu di mana. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan