Mohon tunggu...
Nurul Fauziyah
Nurul Fauziyah Mohon Tunggu... Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

belajarlah dari pengalaman karena pengalaman adalah guru terbaik

Selanjutnya

Tutup

Digital Pilihan

Berbicara dalam Webinar Sesuai dengan Kriteria Keterampilan Berbicara

30 Juni 2020   15:14 Diperbarui: 30 Juni 2020   16:25 174 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berbicara dalam Webinar Sesuai dengan Kriteria Keterampilan Berbicara
webinar-image-5efb04ea097f362fc32fbdd2.jpeg

Webinar merupakan salah satu jenis kegiatan berbicara di muka umum yang sedang populer saat ini karena semenjak ada pandemik virus Corona pemerintah membuat peraturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). 

Webinar merupakan sebuah singkatan dari web dan seminar. Bisa diartikan bahwa webinar adalah sebuah seminar yang diadakan melalui web atau jaringan internet.

Hampir serupa dengan kegiatan seminar yang sering diadakan oleh sebuah institusi, namun terdapat satu perbedaan yang mencolok antar webinar dan seminar. 

Secara umum, seminar sering diartikan sebagai bentuk tukar pikiran dalam musyawarah yang direncanakan atau dipersiapkan antara dua orang atau lebih tentang topik tertentu dengan seorang pemimpin dan begitu juga dengan webinar. 

Hanya saja dalam seminar kita bisa datang secara langsung dan menyaksikan audiens serta pengisi acara dengan mata telanjang. Tetapi dalam webinar kita hanya bisa menyaksikan atau ikut didalamnya dengan menggunakan perantara, yaitu benda elektronik dan akun media sosial yang kita miliki.

Dalam kondisi seperti saat ini dengan jargon Di Rumah Saja, kegiatan webinar ini sangat di minati oleh masyarakat terutama mahasiswa dan institusi pemerintahan. 

Walaupun cukup banyak kendala yang sering muncul dalam kegiatan webinar, umumnya pada masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan karena sulit untuk mendapatkan jaringan yang bagus dan lancar.

Berbicara di muka umum khususnya webinar juga merupakan salah satu seni berkomunikasi. Salah satu hal yang paling kita takuti sebagian orang adalah ketika diminta harus berbicara di depan banyak orang, apalagi acara -- acara sosial seperti webinar. 

Tetapi sangat jelas kegiatan webinar ini memiliki manfaat besar dalam kemampuannya memberikan sumber-sumber yang lebih banyak bagi pemecahan masalah ketimbang yang tersedia atau yang mungkin diperoleh melalui pikiran dan rencana kelompok ide-ide atau gagasan dapat diuji secara lebih memadai dan tidak memihak.

Tentunya terdapat peran para fungsionaris dalam webinar agar acara dapat berlangsung sukses yaitu, sebagai pembawa acara, keynote speaker, moderator, notulis, pengamat, pemakalah, pembanding/penyanggah, peserta, dan tim perumus. 

Ada tiga hal yang harus dipersiapkan dalam webinar, yakni menentukan topik dan tujuan, menentukan waktu dan tempat, dan mempersiapkan fasilitas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN