Mohon tunggu...
nurul fadilah
nurul fadilah Mohon Tunggu... nurul fadilah fauzi

ciamis

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan

Karomah Syekh Abdul Wajah

9 Mei 2021   23:44 Diperbarui: 9 Mei 2021   23:46 176 1 0 Mohon Tunggu...

seorang ulama yang berasal dari sukapura yaitu syekh abdul wajah,beliau merupakan kiyai sentrik yang menyebarkan agama islam di tanah sukapura dan galuh ciamis beliau hidup semasa syehk abdlu muhyi pamijahan tasikmalaya. syekh  abdul wajah sendiri merupakan santri dari syekh abdul muhyi pamijahan beliau merupakan santri andalan nya. 

semakin lama syekh abdul muhyi nyantri lama kelamaan gurunya menikahkan beliau terhadap anaknya raden ajeng wajah karena melihat dari keilmuan yang beliau punya di kediaman nya sukapura tasikmalaya dan status beliaupun menjadi mantu dari syekh abdul muhyi pamijahan. 

setelah berumah tangga beliau pun bermukin di tanah galuh ciamis dan mendirikan sebuah majlis pengajian. tepatnya pada saat itu kerajaan galuh merupakan kerajaan hindu budha dimana masyarakatnya banyak yang menyembah patung dan berhala, dengan kegigihan nya syekh abdul muhyi dalam menyebarkan agama islam akhir nya banyak masyarakat galuh yang berbondong bondong masuk islam khusus nya daerah imbanagara dan panyingkiran karena tempat beliau bermukim. 

tidak lepas dari penyebaran beliau di tanah galuh, syekh abdul wajah juga sering membantu mertuanya dalam menyebarkan agama islam di sukapura tasikmalya alhasil beliau pun sering bolak balik ke galuh dan sukapura. pada saat itu belum adanya akses buat melintas dari sukapura ke galuh beliaupun sering melintas memakai rakit kayu buatan masyarakat sekitar. 

konon menurut kiyai setempat ust H. ubad maksum salah satu tokoh desa imbanagara dan sekaligus penjaga makom syekh abdul wajah. wafatnya beliau ketika setelah solat duha si sekitaran daerah sukapura dan mau berangkat ke tanah galuh, ketika melintasi sungai citanduy beliau terbawa arus air sungai yang mendadak besar dan terbawa hanyut, jasad beliau sampai beberapa meter ke depan. jasad syekh abdul wajah pun terselamatkan oleh dua batu besar yang menghapit jasad beliau dan tergeser dengan sendirinya ke samping sungai. 

setelah kejadian tersebut menurut ketua MUI desa panyingkiran KH. mumu muhaemin jasad almarhum syekh tidak bisa terangkat seketika , banyak santri santri nya yang berusaha membawa jasad beliau ke tanah sukapura alhasil jasad pun tidak dapat terangkat dari jepitan batu tersebut. tidak lama setelah kejadian tersebut ada salah satu santri nya yang bermukim di galuh dan berusaha mengangkat jasad beliau, akhir nya dengan bantuan para santrinya jasad pun bisa terangkat dan di makam kan langsung di tanah galuh, tepatnya di makam gunung sari imbanagara ciamis. 

tidak lama setelah jasad beliau di angkat ada hal yang luar biasa dalam peristiwa itu, batu yang menjadi penolong jasadnya di sungai citanduy ikut seketika ke tempat pemakaman beliau. tepatnya berada di samping makam syekh abdul wajah sampai saat ini. 

sampai saat ini banyak orang yang berjiarah ke makam beliau dari berbagai daerah. tak henti henti nya bahkan dibulan romadon sering ada yang sampai bermalam di makam beliau untuk memanjatkan doa. 

 

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x