Mohon tunggu...
Nurul Aziza Kusuma Dewi
Nurul Aziza Kusuma Dewi Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa UIN Malang

all about patience

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Dampak Sistem Informasi Terhadap Pengambilan Keputusan Dalam Operasi Organisasi

2 November 2023   10:39 Diperbarui: 2 November 2023   10:51 197
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Source: badoystudio.com

Sistem Informasi (SI) telah menjadi komponen penting dalam operasi organisasi saat ini. Keberadaan SI membawa perubahan besar dalam cara organisasi mengumpulkan, mengelola, dan menganalisis data. Pengaruh SI terhadap pengambilan keputusan dalam operasi organisasi dianggap sebagai salah satu aspek paling penting dari perannya. Artikel ini akan membahas dampak positif yang sistem informasi bawa pada pengambilan keputusan organisasi dan bagaimana SI membantu meningkatkan proses pengambilan keputusan.

I. Peran Sistem Informasi dalam Pengambilan Keputusan

Sistem Informasi (SI) terdiri dari serangkaian prosedur dan perangkat lunak yang mengumpulkan, menyimpan, mengelola, dan mengambil informasi untuk mendukung proses pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Proses pengambilan keputusan adalah hal vital dalam manajemen, dengan kualitas keputusan yang diambil oleh sebuah organisasi sangat tergantung pada data yang mereka miliki. Berikut ini adalah beberapa peran SI dalam pengambilan keputusan:

1. Pengumpulan Data yang Akurat: SI mengumpulkan data dari berbagai sumber dalam organisasi dan memberikan data yang akurat dan terkini kepada para pengambil keputusan. Ini memungkinkan mereka untuk membuat keputusan berdasarkan fakta yang lebih dapat diandalkan.

2. Pengolahan Data dan Analisis: SI membantu dalam mengolah data mentah menjadi informasi yang bermakna. Ini mencakup analisis data, perhitungan, dan visualisasi data, yang mendukung pengambilan keputusan yang lebih baik.

3. Akses Cepat ke Informasi: SI memungkinkan para pengambil keputusan untuk mengakses informasi yang mereka butuhkan dengan cepat, menghemat waktu dan membuat pengambilan keputusan lebih efisien.

4. Pemantauan dan Pelaporan: SI memungkinkan organisasi untuk terus memantau kinerja mereka dan menghasilkan laporan yang berguna. Informasi ini membantu dalam mengevaluasi keputusan sebelumnya dan membuat perbaikan jika diperlukan.

II. Manfaat Dampak Sistem Informasi dalam Pengambilan Keputusan

Pengambilan keputusan yang efektif sangat penting untuk kesuksesan sebuah organisasi. Dampak positif dari sistem informasi pada pengambilan keputusan dapat dilihat dari berbagai sudut pandang:

1. Pengambilan Keputusan yang Lebih Cepat: Dengan akses cepat ke data dan informasi yang akurat, para pengambil keputusan dapat merespons perubahan pasar atau situasi lebih cepat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun