Mohon tunggu...
Nurul Aini
Nurul Aini Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Prodi Sastra Inggris

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Bahaya Gadget untuk Anak

18 September 2021   18:31 Diperbarui: 18 September 2021   18:36 34 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bahaya Gadget untuk Anak
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Gadget sekarang sangat digemari di kalangan muda,tua bahkan anak-anak sekalipun. Ini memang dibutuhkan di era milineal ini apa lagi di masa pandemi covid 19, karana teknologi semakin canggih sekarang sistem KBM pun menggunakan gadget. 

Akan tetapi patut diwaspadai bagi pengguna anak di bawah umur, jikalau sedang memakai gadget harus tetapi di awasi orang dewasa dan juga di batasi penggunaannya.

Gadget dapat membuat kecanduan penggunanya, perilaku kecanduan gadget adalah screen dependicy disorder [gangguan ketergantungan terhadap layer gadget]. 

Di usia dua sampai sepuluh tahun gadget dapat berpotensi tinggi pada penggunanya dapat merusak system kerja otak anak jika melakukannya sejak dini. 

Beberapa tanda-tanda anak yang mengalami SDD dan perlu diwaspadai oleh orang tua di antaranya adalah merusak otak anak, juga dapat menghampat proses pertumbuhan pada anak dan speech delay (kemapuan berbicara)

SDD (screen dependicy disorder) membuat otak pada anak menyusut sehingga dapat mempengaruhi kemampuan mengoorganisir dan sebagainya. Jangan pada anak, orang dewasa, remaja bahkan tua pun jika menggunakan terlalu berlebihan dan tidak kenal waktu juga dapat memengaruhi system kerja otak.

Kegiatan sederhana yang dapat kita lakukan untuk mengalihkan atensi anak terhadap gadget adalah kita ajak mereka bermain Bersama seperti main masak-masakkan, mobil mobilan bahkan kita dapat mengajak mereka berlajar membaca, mewarnai dan bernyanyi Bersama.

Bersikaplah tegas kepada anak jika mereka sudah mulai menggunakan gadget dengan meng-unistall aplikasi yang menurut kita tidak pantas untuk di konsumsi anak dan juga game yang dapat membuat sikecil betergantungan terhadap gadget.

Kita sebagai orang harus selalu waspada terhadap sesuatu dengan apa yang akan di lakukan oleh sibuah hati. Dan selalu ingat bahaya akan ketergantungan itu terhadap anak di bawah umur.

Dosen Pengampu : Dr. Ira Alia Maerani, S.H.,M.H

Penuli: Nurul Aini Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi

Program studi: Sastra Inggris 

Mohon tunggu...
Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan