Mohon tunggu...
Nurul Holipah
Nurul Holipah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Pendidikan Bisnis-Universitas Pendidikan Indonesia

mendaki

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Tematik UPI 2022: Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Menyenangkan

11 Agustus 2022   08:34 Diperbarui: 11 Agustus 2022   08:34 49 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pemberian Materi tentang Belajar Yang Efektif dan Menyenangkan

Kuliah Kerja Nyata salah kegiatan yang erat sekali dengan praktek mahasiswa dari perguruan tinggi,dimana mahasiswa hampir mendekati akhir semester mereka akan menjalankan yang namannya  KKN,salah satunya adalah Universitas Pendidikan Indonesia yang melaksanakan program KKN tetapi karena adanya Pandemi Covid-19, KKN dibuat menjadi satu inovasi baru yakni KKN Tematik yang dimana fungsinya masih sama yaitu untuk pengabdian pada masyarakat namun lebih menitik beratkan pada mengedukasi masyarakat secara berkelanjutan . Kuliah Kerja Tematik merupakan sarana belajar yang tepat bagi mahasiswa. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik sebagai program kurikuler bertujuan melatih mahasiswa dalam menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya (Ipteksbud) yang diperoleh di bangku kuliah untuk diterapkan dalam memecahkan masalah-masalah yang ada di masyarakat,melatih dan mengembangkan soft skills dan karakter mahasiswa,  melatih mahasiswa untuk memahami kondisi masyarakat baik di pedesaan maupun di perkotaan, sehingga mahasiswa memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap masyarakat yang memerlukan bantuan, dan  menyiapkan calon pemimpin bangsa yang berpihak kepada kejujuran, keadilan, kebenaran dan masyarakat miskin.KKN tematik Universitas Pendidikan Indonesia di fokuskan pada tema pemberdayaan masyarakat berbasis SDG"s Desa dan MBKM.

KKN tematik Universitas Pendidikan Indonesia dilaksanakan pada tanggal 11 Juli-10 Agustus 2022 dengan membagi beberapa kelompok sesuai domisili masing masing dan tiap kelompok diberikan dengan tema yang berbeda.Saya Nurul Holipah dari kelompok 63 melaksanakan program KKN tematik ini dengan tema"Desa Peduli Pendidikan" yang berlokasi di Kelurahan Babakan Sari Kecamatan Kiaracondong.Kegiatan KKN tematik dilakukan di salah satu sekolah swasta yaitu SMAS Bina Dharma Bandung.adapun program kerja yang saya buat adalah "Bimbingan Konseling yaitu tentang Belajar Yang Efektif dan Menyenangkan",dengan mengajar dan mengarahkan bagaimana menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan.

Semua keberhasilan yang ingin dicapai memerlukan proses, tak terkecuali belajar bila ingin belajar kita berhasil maka perlu strategi agar belajar tersebut bisa efektif, dan prosesnya tidak membosankan alias menyenangkan. Cara belajar efektif dan menyenangkan mutlak diperlukan, agar nantinya dapat memberikan hasil yang sangat maksimal. Apalagi bagi para pelajar, mahasiswa maupun semua orang yang sedang dalam proses belajar secara keseluruhan, metode belajar yang tepat sangat dibutuhkan, karena itu merupakan syarat utama untuk dapat meraih prestasi terbaik yang didambakan..Pemberian Materi tentang cara belajar yang efektif dan menyenangkan membantu para pelajar mengatasi rasa jenuh dan malas belajar.Terdapat beberapa cara yang bisa diterapkan oleh pelajar untuk mengatasi rasa malas dan jenuh dalam belajar yaitu:

1. Selingi dengan istirahat
Jika merasa mulai jenuh atau bosan belajar terus menerus, ada baiknya diselingi dengan istirahat. Misalkan setiap belajar 1 jam, istirahatnya sekitar 10 menit. Kita bisa melakukannya sambil keluar dulu dari dalam ruang belajar, ambil minum atau makan makanan kecil, tapi jangan lupa untuk balik lagi buat belajar.

2. Atur Ruang Belajar
Kenyamanan ruang belajar juga bisa membuat suasana belajar kita menjadi enak. Jangan sampai ruangan tersebut berantakan, rapikan dulu barang-barang yang acak-acakan tersebut, jika sudah rapi akan keliatan lebih luas dan segar. Ini juga merupakan bentuk cara belajar efektif yang mempunyai faktor besar.

3. Dengarkan Musik
Ada yang bilang kalo cara belajar efektif sambil dengerin musik bisa ngebantu kita agar berpikir jernih. . Carilah musik yang lembut, dan kalo bisa musik instrumental (tapi hati-hati, jangan sampai ketiduran lho).

4. Belajar dengan Praktik
Cara belajar efektif yang tidak membosankan keempat adalah jika belajar hanya dengan membaca (teori) saja, bisa menyebabkan jenuh, cobain deh untuk melakukannya (praktik). Misalnya pelajaran IPA, kita bisa belajar sambil mengamati tumbuh-tumbuhan, hewan atau apapun, dengan demikian kita bisa membuat sebuah acara belajar jadi mengasyikan, sekalian membuktikan kebenaran teori tersebut.

5. Belajar dengan Rutin
Dengan belajar dengan rutin, kita bisa mengingat pelajaran yang dahulu pernah diajarkan oleh guru maupun belum pernah diajarkan.

6. Jadilah seorang Detektif
Detektif? ini kan belajar bukannya mecahin kasus kejahatan? maksudnya adalah, di dalam belajar, anggaplah pelajaran itu sebagai teka-teki yang harus dipecahkan, atau kasus yang sangat sulit untuk diselesaikan. Kayak detektif Conan gitu, kalo kita berhasil mecahin kasus tersebut, berarti kita adalah detektif yang hebat.

7. Ubah Metode Belajar
Jangan belajar dengan cara yang sama dengan terus menerus. mungkin anda tidak cocok dengan teknik belajar seperti itu, setahu kami ada 3 jenis metode cara belajar efektif yang bisa anda pahami ini.

Metode Membaca : sebagian besar orang mengunakan metode belajar ini, orang yang cocok mengunakan tidak mengalami kesulitan yang berarti.
Metode Mendengarkan : Orang tipe ini akan lebih mudah
Metode 8. Ciptakan suasana yang kondusif
Dalam cara belajar efektif, anda harus menciptakan suasana yang kondusif, nyaman dan tenang untuk belajar. Cara ini merupakan salah satu cara belajar yang baik karena bagaimanapun jika ingin materi yang anda pelajari itu bener-bener masuk ke otakmu, anda harus tenang dan dalam keadaan yang nyaman. Sehingga nggak mengganggu konsentrasi. Belajar di luar ruangan mungkin adalah pilihan yang cukup baik, karena selain lebih fresh, kita juga bisa lebih tenang dan nggak penat dalam belajar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan