Mohon tunggu...
Nurul Shoidah
Nurul Shoidah Mohon Tunggu... Administrasi - Kompasiana

Mahasiswa Manajemen Keuangan Universitas Pamulang

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Dipaksa Mandiri Sedari Kecil

5 Desember 2021   14:47 Diperbarui: 5 Desember 2021   15:28 291
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dokumentasi pribadi

Hallo, sebelum memulai cerita alangkah baiknya untuk perkenalan terlebih dahulu. Ingat pepatah "tak kenal makin tak sayang" tapi jangan baper yaa..hehe perkenalkan nama saya Nurul Shoidah, saya lahir pada tanggal 24 Juni 1997. Aku 3 bersaudara Kakak cewek 1 dan cowok 1 tapi beda Bapak ya (but I Love them), untuk asal saya bingung darimana soalnya blasteran...hehe langsung saja kalau Bapak saya asli kota Lamongan dan mamah saya asli orang Kebumen (ngapak jare) tapi aku lahirnya di Malaysia. Loh ko bisa?bisa dong!!!singkat cerita dulu memang bapak sama mamahku ketemunya di malaysia mereka sama-sama TKW disana, cinlok nih yaaa.. Tapi sesudah menikah pun mereka masih memutuskan tinggal dang bekerja disana akhirnya lahirlah seorang bayi perempuan yang cantik nan jelita..wkwk (bebek silem, awake dewek dialem) jare wong ngapak. Dan yahh aku tinggal di Malysia sampai usia 3 tahun barulah dibawa pulang ke Indonesia tepatnya di Lamongan. Disana aku diasuh oleh nenek aku, tapi pas kelas 3 nenek aku udah sakit-sakitan akhirnya dirawat Bibi aku (adiknya bapak). Orang tuaku masih memutuskan tinggal disana tapi sesekali pulang tapi tak menentu lah, kadang 5 tahun baru pulang, 3 tahun bahkan 7 tahun demi anak perempuannya tercinta bisa sekolah dan hidupnya bahagia (anak emas nihh yee).

Yah bisa dibilang aku dari kecil sudah terbiasa mandiri tanpa orang tua. Kadang pernah iri pengen tinggal sama orang tua apalagi pas momen pengambilan raport di sekolah temen-temen yang lain orang tuanya pada ngambilin raport anaknya, hanya aku yang kadang diambilin Bibi aku tapi kalau pas sibuk ya kadang minta tolong sama guru aku buat ngambilin raport. Tapi entah kenapa dari kecil memang sudah terbiasa dijarain belajar dan belajat. Pokoknya tugasku hanya mikir belajar untuk apapun yang ku mau tinggal ngomong ke orang tua (anak sultan kali ah) wkwk karena ya waktu itu belum mikir gimana susahnya nyari uang, gimana caranya ngebahagiain anak(sekarang juga belum punya anak), taunya hanya minta, minta, dan minta. Karena dulu mikirnya, ah orang tua jauh yah bahagiaku cuman dikasih materi aja, dicukupin materinya tapi sebenernya mah pengen banget ngerasain kasih sayang orang tua yang dalam artian bisa menyanding orang tuaku.

Lambat laun aku beranjak dewasa dari TK, SD, SMP aku sekolah di Lamongan tapi entah kenapa ada angin apa ketika menjelang masuk SMA mamahku memaksaku untuk sekolah di Brebes. Yap kakak aku usaha bengkel di Brebes. Sedih sih pasti, karena akan memulai kehidupan yang baru dengan suasana baru dengan lingkungan baru yang pastinya akan jauh lebih mandiri. Akhirnya dengan berat hati aku mengiyakan permintaan mamahku. Yah aku sekolah di Brebes di SMK Mitra Karya Mandiri mengambil jurusan analis kesehatan. Padahal aku ngga minat di kesehatan tapi yah lagi-lagi karena paksaan dari orang tua jadi mau ngga mau harus nurut daripada tidak dibiayain sekolah. hehe takut pada masanya.

Tak terasa sudah 3 tahun tinggal di Brebes yang penuh dengan lika liku karena mengalami culture shock, yah karena tak terbiasa tinggal di Brebes dan lebih tepatnya sudah nyaman tinggal di Lamongan dengan Bibi aku tercinta (terima kasih Mak ti (Bibi aku) dan Pak Wat (Suami Bibi aku) yang sudah ikhlas dan tulus merawatku hingga aku dewasa sampai saat ini pun kasih sayang kalian tak pernah pudar). huhu jadi mellow banget, jujur aku merasa punya orang tua 2 yaitu orang tua kandung aku dan orang tua yang merawatku dari kecil.

Tiba saatnya kelulusan, pada saat itu aku wisuda yah lagi lagi wisuda sendiri tanpa ada yang mendampingi. Orang tua masih di negeri seberang, kakak kebetuluan sibuk karena ada hal lain, yah pas wisuda hanya bisa menahan nangis melihat temen-temen pada fhoto sama keluarganya sedangkan aku hanya sendiri. Dari situlah membuatku bersemangat untuk mencari kerja supaya orang tuaku cepet pulang ke Indonesia.

Setelah lulus aku memutuskan untuk mendinginkan otak dan pikiran sejenak untuk tetap tinggal di Lamongan 1 tahun lamanya berlalu dan waktu itu Bapak aku udah pulang ke Indonesia karena habis kontrak disusul mamahku pulang karena berkat bujukan aku untuk gantian kerja akhirnya pulang dan aku seneng banget bisa merasakan tinggal dengan full orang tua walaupun hanya sebulan lamanya.. Setelah itu entah kenapa aku memutuskan untuk merantau lebih jauh lagi yapp ke Jakarta karena aku fikir Jakarta adalah tempat paling enak untuk mengadu nasib (nasib oh nasib emang nasib) nyanyi ahhh... Dan di Jakarta aku tidak sendirian, yes aku ikut sama Paman aku adik dari mamah aku. Tepatnya tahun 2018 aku ke Jkarta dan tidak lama langsung mendapatkan pekerjaan di PT Axa Financial Indonesia sebagai telmarketing, 3 bulan bekerja aku langsung memutuskan untuk mendaftar kuliah, setelah browsing cari informasi sana sini aku memutuskan untuk mendaftar kuliah di Unpam mengambil jurusan Manjemen. Akhirnya cita-citaku untuk menjadi seorang manajemen dapat tersalurkan juga..wkwk dari SMA sudah mengidam-idamkan jurusan manajemen tapi entahlah malah masuknya jurusan kesehatan (lets gone be by gone woyyyy).

Setelah 1 tahun 3 bulan bekerja di PT AXA akhirnya memutuskan untuk resign dan pindah ke PT Ciputra Life Indonesia sama sih untuk jobdesknya sebagai telemarketing. Setahun, dua tahun kerja sambil kuliah merasa capek banget sampe sering banget nangis. Cengeng banget sih jadi orang. Huh. sempet mau putus asa mau berhenti kuliah. Akhirnya ngga jadi deh. Dan yahh di Ciputra hanya bertahan 1 tahun 2 bulan dan sekarang pindah ke kerjaan Alkhamdulillah jauh lebih baik dan yah sekarang tak terasa udah semester 7. Banyak cerita suka dan dukanya sih kerja sambil kuliah. Dan Alkhamdulillah di semester 7 ini aku udah menyelesaikan Toefl, Sempro, dan yah yang baru aku selesaikan kemarin tanggal 01 dan 02 Desember 2021 yaitu UJIKOM. Cita-citaku hanya satu yah ingin lulus tepat waktu dan mudah-mudahan bisa melanjutkan S2.

Udah dulu ya ceritanya, nanti di lain waktu dan kesempatan kita sambung kembali. Next mau cerita tentang apa silahkan komen di bawah ya.. Thank you teman-teman semua.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun