Mohon tunggu...
Nurul Lailiyah
Nurul Lailiyah Mohon Tunggu... Desainer - mahasiswa

comel tau?

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Mahasiswa KKN Untag Surabaya Meningkatkan Perkonomian UMKM melalui Aplikasi Digital

30 Juni 2022   17:47 Diperbarui: 30 Juni 2022   18:01 34 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

SURABAYA, 24 Juni 2022. Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya, Nurul Lailiyah Fakultas Teknik dari Program Studi Arsitektur adalah salah satu peserta KKN mandiri yang melakukan kegiatan KKN di wilayah Rungkut lor RT.04 RW.06 Kecamatan Rungkut Kota Surabaya.

Pada masa New Normal ini bukan penghalang bagi mahasiswa Universitas 17 Agustus Surabaya untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata. Meski KKN di tahun 2022 ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, namun Untag Surabaya telah memodifikasi KKN di tengah New Normal pandemi Covid-19 ini, dan dibimbing oleh DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) yaitu Ibu Dwi Harini Sulistyawati S. ST., MT.

Program dalam pelaksanan kegiatan KKN yang dilakukan oleh Mahasiswa yang bernama Nurul Lailiyah ini adalah Pendampingan Digital Marketing Pada UMKM Dessert dan salad Di Era New Normal. Sasaran Nurul Lailiyah  dalam kegitan KKN tersebut adalah pemilik usaha Dessert dan salad Ibu Uyun yang berlokasi di Rungkut Lor.

Koordinasi izin Ketua RT dengan Bapak Sulaiman selaku Ketua RT 04, untuk pelaksanaan kegiatan KKN Mandiri UNTAG Surabaya yang akan dilaksanakan selama 12 hari. Selanjutnya, Kegiatan atau Program Kerja yang akan dilakukan oleh Nurul Lailiyah adalah mengenai Pendampingan UMKM terkait Pemasaran Digital kepada salah satu warga yang memiliki usaha dessert dan salad yaitu bu Uyun.

Selama pendampingan, usaha yang dijalankan oleh pemilik UMKM mendapat beberapa kendala yang dihadapi adalah Kurangnya pemahaman dan manfaat Pemasaran Digital untuk menarik konsumen

Melalui program ini Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya berharap agar usaha Dessert dan salad bu uyun bisa menjadi lebih baik dan berkembang serta meningkatkan perekonomian dimasa Pandemi Covid-19 ini.

Beberapa upaya untuk melaksanakan Kegiatan KKN yang dilakukan oleh Devi Afikasari adalah dengan melakukan Sosialiasi tentang Pemasaran Digital melalui sosial media, dan mengganti packaging atau kemasan agar lebih menarik minat pembeli.

Selain itu, upaya yang dilakukan oleh Nurul Lailiyah adalah dengan melakukan pendampingan dan penyuluhan untuk mengenalkan era digital kepada UMKM, Pendaftaran usaha Mitra ke marketplace seperti Gojek. Grab, dan Shopeefood yang lagi ramai penjualan online dikalangan umum. Dengan mencetak banner kegiatan, membuat logo usaha sebagai pengenal atau brand usaha agar lebih banyak dikenal oleh kalangan masyarakat luar.

Kegiatan KKN  ini dapat memberikan dampak positif bagi mitra sebagai pelaku UMKM sebagai awal dari kebangkitan ekonomi dan kebangkitan usaha yang sempat terhenti akibat pandemic Covid 19.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan