Mohon tunggu...
Nurul FadilaDwiyanti
Nurul FadilaDwiyanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Hanya Manusia biasa

Hamba Allah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Berguru dalam Menuntut Ilmu Agama

9 Desember 2021   08:48 Diperbarui: 9 Desember 2021   08:59 120 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Dalam islam menuntut ilmu agama adalah suatu kewajiban, sebagaimnana banyak  disebutkan dalam Al-quran maupun hadist. Karena dengan menuntut ilmu kita dapat meninngkatkan kemampuan diri, dengan menuntut ilmu  kita  banyak mengetahui tentang segala hal. Tapi di zaman yang serba online ini, banyak orang yang menuntut ilmu agama  hanya mengandalkan media sosial seperti facebook, twitter, instagram dan bahkan ceramah  melalui youtube. Perlu diketahui bahwasannya menuntut ilmu tidak cukup hanya mengandalkan media sosial saja, akan tetapi kita perlu memiliki guru, yang pastinya  dengan sanad yang jelas.  Sebagaimana yang di kemukakan Syekh Zamuji, syair ciptaan syaiddina Ali, salah satu syarat menuntut ilmu adalah memiliki guru.

"Ingatlah, kamu tidak akan meraih ilmu melainkan dengan enam perkara (syarat yang harus dipenuhi). # Aku akan ceritakan semua itu dengan sejelas-jelasnya. Cerdas, semangat tinggi, ulet dan tabah, punya biaya # bimbingan guru dan waktunya."(Kitab Ta'lim Muta'allim, halaman 14)

 Ada juga maqolah yang menegaskan pentingnya berguru dalam menuntut ilmu agama

مَنْ تَعَلَّمَ اْلعِلْمَ وَلَيْسَ لَهُ شَيْخٌ فَشَيْخُهُ شَيْطَانٌ

Artinya: "Barang siapa yang belajar ilmu namun tidak berguru, maka gurunya adalah setan"

Berguru dalam menuntut ilmu agama sangat penting, karena  ilmu agama tidak hanya menyangkut dunia saja melainkan juga akhirat. Jika salah dalam pengamalannya dapat menjerumuskan  kedalam kesesatan. Jika ingin terhindar dari kesesatan  haruslah berguru   contohnya mendatangi majlis-majlis  ilmu yang di bimbing langsung oleh ustadz/ ustadzah.

Dalam kitab Al-Fawaaidul Makkiyyah, halaman 25 dijelaskan bahwa, jika manusia mendapat ilmu dari seorang guru dengan berhadap-hadapan, maka ia akan terjaga dari kesesatan. "Barang siapa yang mengambil ilmu dari seorang guru secara langsung bergahap-hadapan niscaya akan terjagalah dia dari kesesatan dan kekeliruan"

Meski zaman sekarang serba online, tetapi menuntut ilmu dengan guru yang jelas sanadnya adalah suatu kewajiban . Media sosial seperti facebook, twitter, instagram dan bahkan ceramah melalui youtube hendaklah dijadikan sebagai media untuk memperluas wawasan saja. Apabila ada yang kurang dimengerti atau dipahami, maka disinilah pentingnya memiliki guru, kita dapat menanyakan langsung kepada guru atau ustadz. Jangan berperpegang dari media sosial saja untuk melakukan suatu amalan,  ilmu agama bukanlah ilmu main-main karena ini menyangkut kehidupan di akhirat.

sumber: Pentingnya Menuntut Ilmu Dengan Guru Yang Memiliki Sanad Yang Jelas | Islam Kaffah 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan