Mohon tunggu...
Nurul fatimah
Nurul fatimah Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Money

Pemanfaatan Bahan Sederhana Dapat Dijadikan Pestisida Nabati

20 Oktober 2018   21:52 Diperbarui: 20 Oktober 2018   22:11 546
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Tepatnya dimana saya dan ayah saya sedang berkumpul bersama di ruang tamu, ayah saya menceritakan sedikit tentang perkembangan tanaman cabai miliknya,ayah saya bercerita kalau tanaman cabai miliknya terserang hama ulat pada daun yang mengakibatkan bolong-bolong pada daun cabainya dan sedikit layu pada tanaman.

Ayah saya menanyakan kepada saya bagaimana cara membasmi hama ulat yang menyerang pada tanaman cabainya. Nah kebetulan saya dulu tamatan sekolah Smk Pertanian/Perkebunan jadi sedikit banyaknya saya mengetahui dan memahami cara penanggulangan atau pembasmian hama dan penyakit pada tanaman secara sederhana dan ramah lingkungan.

Disini saya akan memberi resep pestisida nabati yang ramah lingkungan dan mudah untuk di dapatkan bahannya dan yang terpenting tidak merusak unsur hara pada tanah dan udara karena tidak menggunakan zat kimia dalam pembuatan nya,saya hanya memberi salah satu resep pestisida nabati dalam pembahasan kali ini, yaitu pembuatan pestisida nabati Ekstra Cabai Merah.

1. Ekstra Cabai Merah

Bahan yang di gunakan:

- Cabai merah/cabai rawit busuk: kg

- Lidah buaya: 10 batang

- Daun tembakau/tembakau gayor: kg

- Air: 4-5 liter

Alat yang di gunakan:

- Ember : 1 buah

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun