Mohon tunggu...
Nurtsania Widi
Nurtsania Widi Mohon Tunggu... Penulis - Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Menulis adalah caraku bercerita

Selanjutnya

Tutup

Worklife Pilihan

4 Alasan Kamu Harus Mengikuti Kegiatan Volunteer, Minimal Sekali Seumur Hidup

1 Desember 2023   21:24 Diperbarui: 1 Desember 2023   21:31 263
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber Gambar: Freepik.com

Apakah di beranda sosial mediamu pernah muncul keseruan kegiatan volunteer? Saya rasa pernah yaa, karena kegiatan ini bukanlah sesuatu yang baru lagi, melainkan sudah ada sejak lama dan masih eksis sampai sekarang. Bahkan peminatnya semakin bertambah terutama di kalangan anak muda, dan saya yakin kamu yang sedang membaca artikel ini adalah salah satunya. Maka dari itu kamu harus tahu manfaat apa saja yang akan kamu dapatkan ketika mengikuti kegiatan ini. 

Apa itu kegiatan Volunteer dan apa saja manfaatnya?

Dalam bahasa Indonesia, volunteer memiliki arti sukarelawan. Kegiatan volunteer adalah kegiatan yang dilakukan oleh sekumpulan orang secara sukarela untuk saling membantu sesama demi tercapainya kesejahteraan sosial. Meskipun dilakukan secara sukarela atau tanpa mengharapkan imbalan uang sepeser pun, kegiatan ini pastinya memberikan manfaat bagi setiap individu yang melakukannya dan tentu nilainya lebih berharga daripada uang. Dan berikut manfaatnya:

  1. Mendapatkan Teman Baru dan Memperluas Relasi

Banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk memperluas relasi, salah satunya adalah mengikuti kegiatan sukarelawan. Dengan mengikuti kegiatan ini, kamu akan menemukan teman baru dari berbagai latar belakang yang berbeda. Selain itu, besar kemungkinan bagimu untuk menemukan teman yang memiliki passion sama denganmu. 

Mengapa demikian? Kita ambil contoh: Kamu adalah seseorang yang tertarik dengan isu pendidikan, dan karena ketertarikan tersebut kamu mengikuti kegiatan sukarela untuk mengajar anak-anak putus sekolah, saat kegiatan berlangsung kamu pastinya akan bertemu dengan teman-teman sukarelawan lain yang juga tertarik dengan isu pendidikan, bukan? Hal tersebut tentu sangat menyenangkan karena kalian bisa saling bertukar pengalaman dan pengetahuan terutama mengenai isu pendidikan. Dan pastinya kalian akan terus berteman walaupun kegiatan tersebut sudah berakhir. 

  1. Meningkatkan Social skills

Apa itu Social skills? Social skills adalah keterampilan seorang individu dalam berinteraksi, berkomunikasi dan berhubungan dengan orang lain. Dengan mengikuti kegiatan sukarelawan ini, secara tidak sadar kemampuan sosialmu juga akan meningkat, karena dalam pelaksanaan kegiatannya kamu pasti bertemu dengan banyak orang dan dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan mereka. 

Selain itu, kegiatan sukarelawan juga akan menumbuhkan rasa simpati, empati dan kepekaan sosial yang tinggi. Tidak berhenti di situ saja! Seseorang dengan keterampikan sosial yang baik akan lebih mudah beradaptasi di segala keadaan, salah satunya saat berada di lingkungan kerja. Itulah mengapa keterampilan sosial yang baik akan membawa seseorang pada karir yang lebih baik pula. 

  1. Menjadi Pribadi yang Lebih Bersyukur

Kegiatan volunteer tidak hanya memberikanmu pengalaman melainkan juga memberikan pelajaran yang sangat berarti, yaitu rasa syukur. Dengan mengikuti kegiatan tersebut kamu akan lebih bersyukur terhadap hidupmu yang sekarang, dan kamu akan menyadari bahwa masih banyak orang di luar sana yang tidak seberuntung kamu. Jika kamu menjalani hidup ini dengan penuh rasa syukur, maka seburuk apapun keadaan, kamu pasti bisa menghadapinya dengan bijak.

  1. Mengasah Soft skills

Ketika mengikuti kegiatan volunteer, tanpa sadar kamu juga sedang mengasah soft skills yang kamu miliki. Kamu akan belajar banyak bagaimana cara berkomunikasi dengan baik, bagaimana cara bekerja sama dengan tim, bagaimana cara memimpin, dan masih banyak lagi. Tentunya semua soft skills ini akan sangat berguna bagi keberlangsungan karirmu di masa mendatang. 

Selain yang telah dijelaskan di atas, masih banyak alasan lain kenapa kamu harus mengikuti kegiatan volunteer minimal sekali seumur hidup, seperti meningkatkan rasa percaya diri, memperbaiki citra di CV dan Portfolio, dan masih banyak lagi.

So, tunggu apa lagi? Yuk jadikan hidupmu lebih bermakna dan bermanfaat bagi banyak orang dengan mengikuti kegiatan volunteer.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun