Mohon tunggu...
PHP2D Perikanan UMM
PHP2D Perikanan UMM Mohon Tunggu... Mahasiswa

menjelajah, abadikan, bagikan the thirh person

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Tim PHP2D Perikanan UMM Menyerahkan Bibit Ikan Lele di Acara Kampung Intergrated Farming

20 September 2020   19:09 Diperbarui: 20 September 2020   19:20 9 1 0 Mohon Tunggu...

Malang, sabtu 20 september 2020. Meriahnya kegiatan Kampung Integrated Farming Desa Sumbersekar, Kec. Dau, Kab. Malang yang bertemakan Pelatihan gratis Tiap minggu integrated farming dan kewirausahaan dihadiri oleh Perwakilan Bupati Kota Batu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Ir Bahrudin M.Si M.T, beberapa perwakilan akademisi seperti Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Brawijaya, Universitas Islam Malang dan  Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Serta Tim PHP2D Perikanan UMM. 

Acara yang bertujuan membangun ketahanan pangan dan ekonomi di masa pandemic covid-19 mendapat respon yang baik dari berbagai pihak, "ini merupakan kegiatan yang luar biasa,mudah -- mudahan kegiatan ini akan berhasil sebagai kampong yang benar benar tangguh", ujar kepala dinas lingkungan hidup, Ir Bahrudin M.Si M.T.  

dokpri
dokpri
Acara tersebut juga berlangsung penebaran bibit ikan lele pada kolam terpal yang telah di hibahkan tim HIMAPERIK yang lolos PHP2D 2020 pada tanggal 15 agustus 2020 pada BASKOMAS Malang Raya. 

Penebaran bibit ikan lele ini bisa di anggap sebagai tombol start dari program yang dilaksanakan oleh tim PHP2D himaperik umm. Budidaya ikan lele dengan system akuaponik diharapkan ikut mensukseskan dan berperan besar dalam merealisasikan sumbersekar menjadi kampung tangguh ketahanan pangan yang sehat.

“Mungkin beberapa orang sering bilang hasil segitu (Hasil Akuaponik/Budidamber) ngapain repot, beli dipasar harga segini bisa, tapi apakah itu kita bisa menjamin kebersihannya?, ketahanan pangan sendiri meliputi keamanan dan kesehatan dari hasil produk itu sendiri, itulah kelebihan dari Budidamber/Akuaponik ketahanan pangan keluarga.” Ujar Pemateri Abdul Basid M.Si. 

Dengan dimulainya berbudidaya akuaponik tersebut diharapkan dapat menjadi contoh bagi keluarga ataupun kelompok lain sebagai kulkas segar penyedia pangan keluarga dan juga dapat dikembangkan menjadi pemenuh kebutuhan keluarga pada masa pandemic covid-19 saat ini.

VIDEO PILIHAN