Mohon tunggu...
Nurman Haryadi
Nurman Haryadi Mohon Tunggu... Guru - Alumni Mahasiswa Pendidikan Fisika IKIP Mataram 2019

Hidup adalah pilihan maka gunakanlah hanya pada hal-hal yang membawamu pada ridhoNya

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Milikilah Mimpi

16 Oktober 2021   15:33 Diperbarui: 16 Oktober 2021   15:43 56 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Milikilah Mimpi

Pada artikel kali ini saya mengutip sebuah judul buku dari sebuah buku yang menceritakan tentang perjuangan para pemuda Indonesia yang berhasil meraih mimpinya keluar negeri mendapatkan kesempatan kuliah dengan bantuan beasiswa.

Sebuah buku berjudul "Genggamlah Mimpimu Semesta Pasti Mendukungmu" ini merupakan buku antologi yang ditulis oleh 9 pemuda yang mampu menyadarkan saya bahwa memiliki tekad dan keinginan yang kuat merupakan sarana yang mampu membantu seseorang mengerahkan segenap energi positif dalam diri yang akan terus mendorong seseorang untuk bertindak kearah yang sudah ditentukan.

Apakah sahabat-sahabat punya mimpi ?, jika belum maka bermimpilah karena bermimpi itu gratis, atau mungkin ada yang takut bermimpi ?, bermimpilah! Karena semua orang berhak untuk bermimpi dan mewujudkannya. Juga tidak ada undang-undang yang melarang setiap orang untuk bermimpi.

Beberapa hari yang lalu saya bertemu dengan salah satu pelajar menengah kejuruan (SMK) praya timur dan ngobrol santai. Tema perbicangan kami saat itu berbicara tentang pendidikan, namun menariknya disini saat saya menanyakan tentang impian yang menjadi motivasinya sekolah. 

Saya yakin ini adalah salah satu bidang yang kurang diminati oleh sebagian besar pelajar, khususnya pelajar praya timur mungkin ada namun hanya sebagian kecil.

Lalu apa yang menjadi impiannya ?, Ia menjawab pertanyaan saya dengan enteng, dengan rasa penuh percaya diri tanpa rasa malu. I like it, saya suka orang-orang yang berani mengekspresikan tentang mimpi-mimpi mereka. 

Menurut saya itu itu adalah jiwa pemilik mental-mental baja, dan memang itulah yang harus dimiliki. Pemilik mental-mental baja tidak akan pernah mudah ciut dan mudah terpengaruh orang perkataan orang. Ia menjawab pertanyaan "saya ingin menjadi pilot" jawaban yang sama sekali belum pernah terpikirkan dibenak saya. 

Sebuah cita-cita yang menurut saya membutuhkan perhatian dan komitmen extra untuk meraihnya. Kenapa ? menjadi seorang pilot selain harus memiliki kesiapan mental dan fisik yang baik ia juga dituntut untuk cerdas, cermat dan teliti karena setiap saat akan berhadapan komputer membaca, mengontrol dan menguasai system navigasi pesawat demikian juga dengan pemahaman yang kuat tentang ilmu-ilmu dasar matematika dan fisika terlebih lagi kemampuan berbahasa asing (bahasa inggris) yang baik karena semua buku dan panduan disekolah penerbangan menggunakan bahasa inggris.

Jujur saya sangat senang dengan para pelajar yang memiliki semangat belajar dan impian yang tinggi, karena memang itu penting, sebagai motivasi dan menjaga konsistensi kita disaat semangat dan komitmen itu mulai menurun.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan