Mohon tunggu...
nurma jamil
nurma jamil Mohon Tunggu...

setiap manusia punya kekurangan dan kelebihan dan saya tidak luput dari itu juga.

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Air sebagai sumber kehidupan

15 November 2014   02:45 Diperbarui: 17 Juni 2015   17:47 10471 0 0 Mohon Tunggu...

Air sangat penting dalam kehidupan, tanpa air semua makhluk hidup yang ada di bumi akan mati. Tanpa air manusia bisa kehausan , kekurangan zat air di badannya hingga mengakibatkan kematian. Tanpa air, hewan juga akan kehausan dan akhirnya mati. Begitupula tanah tanpa air akan menjadi tandus dan gersang, tumbuh-tumbuhan akan layu dan kering  hingga kemudian mati.Masalah air adalah masalah dunia dan masalah kehidupan.

Dalam alqur’an dikatatakan bahwa air adalah  sumber kehidupan, dan dari air segala makhluk hidup dijadikan.
Asal mula air itu bersih , dapat di gunakan untuk bersuci atau membersihkan segala sesuatu dari kotoran. Dan untuk minum yang sangat penting artinya bagi kesehatan, baik individu, keluarga, masyarakat maupun lingkungan. Akan tetapi kenyataannya air bersih sekarang itu susah didapatakn karena air mulai tercemar, tidak bersih lagi seperti asal mulanya dahulu karena di sebabkan oleh perilaku dan perbuatan manusia yang tidak bersahabat lagi dengan alam.

Akibat dari tercemarnya air menyebabkan rusaknya ekosistem dan kelestarian alam bahkan terancamnya kehidupan manusia yang akan menimbulkan berbagai penyakit   yang disebabkan karena air yang tidak bersih lagi akibat hilangnya kesadaran manusia terhadap pentingnya air bersih.Pencemaran air merupakan masalah global utama yang membutuhkan evaluasi dan revisi kebijakan sumber daya air pada semua tingkat (dari tingkat internasional hingga sumber air pribadi dan sumur). Telah dikatakan bahwa polusi air adalah penyebab terkemuka di dunia untuk kematian dan penyakit akibat Pencemaran Air bagi Masyarakat.
Air yang tercemar tentu membawa banyak kerugian bagi masyarakat, mengingat kedudukan air sebagai salah satu elemen terpenting dari kehidupan kita. Berikut ini sebagian akibat pencemaran air bagi kehidupan sehari-hari yang seluruhnya bermuara pada satu hal, yaitu yang mengakibatkan terganggunya kesehatan.
•    Tumbuhnya mikroorganisme berbahaya yang berasal dari pembusukan sampah. Jika masuk ke dalam tubuh, mikroorganisme ini akan menimbulkan bahaya seperti penyakit.
•    Air yang beracun, sehingga berbahaya jika dikonsumsi. Racun ini bisa berasal dari limbah kimiawi dari rumah tangga, industri, pestisida dari kegiatan pertanian, dan sebagainya.
•    Kesulitan untuk memperoleh air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.
•    Terganggunya keseimbangan ekosistem di dalam air; yang bisa berdampak juga untuk kehidupan manusia, contoh: berkurangnya populasi ikan di sungai atau laut.
Air memberikan banyak manfaat bagi hidup kita. Dengan air kita dapat makan, minum, mencuci, mandi, membersihkan barang, bermain, dan sebagainya. Lalu pernahkah terlintas dipikiran kita bagaimana jika kita hidup di bumi ini tanpa air?
Yang menyebabkan lingkungan air tercemar dan rusak adalah disebabkan karena kesalahan dan kelalaian kita sebagai manusia dalam memanfaatkan, memelihara, dan merawat ketersediaan air dalam kehidupan sehari-hari Lalu setelah menyadari akan segala kecerobohan ini kita seharusnya dapat berubah. Kita harus berubah, mencoba berpikir dengan segala potensi akal sehat yang kita miliki untuk dapat berbuat demi menyelamatkan kelestarian air di bumi ini.
Untuk menjaga kelestarian air ada beberapa hal yang dapat kita lakukan yaitu:
•    Menghemat penggunaan air bersih.
•    Membuang sampah pada tempatnya.
•    Mengadakan pengolahan limbah secara benar.
•    Menjalankan reboisasi agar hutan tetap terjaga kelestariannya.
•    Mencegah penebangan pohon secara liar.
•    Mengadakan sosialisasi tentang betapa pentingnya melestarikan lingkungan air dan peranan air dalam kehidupan umat manusia.
•    Menghapus sistem penambangan secara liar tanpa mempertimbangkan keseimbangan ekosistem.
•    Membersihkan daerah sumber-sumber air bersih dari segala sampah.
•    Menciptakan suatu lingkungan yang asri, dengan di mulai dari lingkungan rumah kita sendiri.
•    Menjaga stabilitas ketersediaan air bersih di dalam tanah.
Oleh karena itu,  marilah kita melakukan perubahan sekecil apapun sejak dini demi kelangsungan hidup yang lebih baik lagi bagi generasi penerus bangsa. Dimulai dari sekarang mari lakukan secara bersama-sama berpikir dan berupaya untuk “menyelamatkan” kelangsungan kehidupan di muka bumi ini dengan upaya “melestarikan” keberadaan air.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x