Mohon tunggu...
Nur Laili Hawa
Nur Laili Hawa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Hi selalu semangat dimanapun kalian berada wahai generasi Indonesia maju!!!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Dampak Positif Menanamkan Emosi Prososial pada Anak Usia Dini

1 Desember 2022   00:36 Diperbarui: 1 Desember 2022   00:42 86
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

 Halo teman-teman apa kabar semua? semoga kita senantiasa baik di mana pun kita berada aamiin...

Sudah tahukah teman-teman apa itu Emosi Prososial? dan seberapa penting pengaruh perkembangan emosi prososial pada anak usia dini?, mari kita pelajari bersama!!!

Apa itu emosi prososial?

Emosi prososial merupakan tindakan positif atau baik yang bersangkutan dengan kontak sosial. Prososial mengarah kepada kegiatan positif yang suka rela dilakukan guna memudahkan pekerjaan orang lain tanpa memikirkan kepentingan pribadi ataupun mengharapkan pujian orang lain. Dalam artian prososial dilakukan dengan hasrat keinginan tanpa perintah atau paksaan melainkan dari dorongan diri sendiri untuk membantu seseorang. 

Kegiatan prososial termasuk dalam kegiatan yang menguntungkan orang lain baik secara fisik maupun psikologis serta menciptakan kedamaian dan meningkatkan torelansi. Lalu apa sajakah tindakan prososial? tindakan prososial diantaranya yakni berbagi(sharing), kerjasama(cooperation), menolong(helping), kejujuran(honesty), dermawan(generously), serta mempertimbangkan hak dan kesejahteraan orang lain. 

Lalu bagaimanakah cara mengembangkan emosi prososial pada anak usia dini?

Emosi prososial dianggap menjadi salah satu aspek yang penting dalam proses perkembangan anak usia dini karena dianggap berkontribusi pada nilai moral. Di mana pada anak usia dini merupakan waktu yang tepat untuk seorang individu ditanamkan hal-hal positif yang akan menjadi cikal bakal kepribadian anak yang akan ia bawa hingga tumbuh menjadi orang dewasa. Prososial sendiri bersangkutan erat dengan emosi yang berkaitan dengan empati, yaitu simpati dan tekanan pribadi. 

Apa itu empati?

Empati merupakan kepekaan atau kemampuan seseorang untuk menyadari perasaan orang lain atau kondisi orang lain. Dalam kata lain empati yakni kondisi di mana seorang individu ikut merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain meskipun dirinya sendiri belum pernah diposisi yang sama, contohnya seperti seorang anak yang ikut sedih dan menangis saat melihat teman sebayanya menangis ketika terjatuh dari sepeda.

Dan apa itu simpati?

Sedangkan simpati yakni respons yang ditunjukkan seseorang saat ia melihat situasi orang lain yang ia merasa bahwa dirinya pernah berada pada situasi yang sama sehingga ia juga ikut merasakan apa yang dirasakan oleh orang lain, contohnya seperti menjenguk orang sakit, menolong orang yang kesusahan, mengucapkan dukacita saat ada yang berduka. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun