Mohon tunggu...
Nur Khasanah
Nur Khasanah Mohon Tunggu... Penulis - Mencari dan Berbagi Pengetahuan Dengan Menulis

.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Bagaimana Cara Aman Menyimpan Obat di Rumah?

1 Desember 2020   20:13 Diperbarui: 1 Desember 2020   20:21 120 11 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bagaimana Cara Aman Menyimpan Obat di Rumah?
Gambar diambil dari medicalogy.com

Hidup di jaman sekarang yang serba modern ini, memang tak selamanya apa yang kita lakukan harus berpegang pada mitos-mitos yang ada, yang sejak awal memang sudah dipercaya oleh sebagian banyak orang, khususnya para orangtua kita, sebagai sesuatu yang harus dijalankan. 

Bahkan, mungkin di antara kita sudah banyak yang meninggalkannya, karena memang sudah tidak sesuai dengan keadaan sekarang ini, yang segala informasi aktual sudah tersedia di medsos.

Di antara kita pasti ada yang masih ingat, orangtua kita selalu menyarankan, sebelum anak lahir misalnya, kita disarankan untuk tidak menyiapkan popok bayi, keranjang bayi, dan segala keperluan bayi. 

Mereka berpendapat, alangkah lebih baik jika keperluan bayi tersebut disiapkan setelah bayi lahir, entah apa maksudnya juga kurang dimengerti. Tapi ternyata, untuk sekarang ini, pendapat tersebut kurang sesuai jika diterapkan, karena segala sesuatu yang disiapkan secara mendadak, pasti hasilnya kurang baik juga.

Demikian pula dalam hal penyediaan obat di rumah. Ada sebagian orang yang berpendapat sebaiknya tidak menyiapkan obat-obatan di rumah, dengan alasan nanti jadi sakit beneran. Lho, kok bisa gitu ya?

Semua orang juga pengin sehat, tidak kepengin sakit. Justru, dengan menyediakan obat-obatan di rumah, kita lebih cepat tanggap dengan keadaan tidak enak atau rasa sakit yang dirasa, baik untuk sendiri maupun keluarga, terutama anak-anak yang memang masih rentan sakit.

Apalagi mengingat kondisi sekarang ini, di mana wabah Covid-19 masih belum juga mereda, kita harus benar-benar menjaga kesehatan dan melindungi diri dan keluarga agar jangan sampai sakit. Walaupun kita tidak mengharapkan adanya sakit, namun kita akan  merasa lebih tenang jika di rumah selalu tersedia obat-obatan. 

Tujuan utama kita menyediakan obat di rumah adalah sebagai pertolongan pertama di saat kita atau keluarga sakit. Selain itu, waktu dan biaya tentunya akan lebih efisien jika dibandingkan kita harus berobat keluar.

Obat-obatan yang umumnya kita sediakan di rumah, di antaranya oralit, untuk pencegahan diare, Povidon Iodine untuk mengobati luka, Paracetamol untuk mengobati demam atau panas, dan obat-obatan lainnya. 

Namun demikian, dalam menyimpan obat perlu diwaspadai agar obat yang kita simpan tetap aman, karena jika tidak tahu cara menyimpan obat, bukannya aman untuk kesehatan, malah dapat menjadi racun buat kita. 

Lalu, bagaimana cara menyimpan obat-obatan di rumah yang aman dan tidak berbahaya bagi tubuh kita?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Kesehatan Selengkapnya
Lihat Kesehatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan