Mohon tunggu...
NURKHASANAH
NURKHASANAH Mohon Tunggu... Penulis

Kegemaran saya adalah menulis dan membaca . Membaca yang banyak memberi motivasi terbesar saya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mengenal Lebih Dalam Gaya Belajar pada Diri Sendiri

11 Desember 2020   08:52 Diperbarui: 11 Desember 2020   09:02 23 3 0 Mohon Tunggu...

Pastinya semua orang pernah mengalami yang namanya proses belajar, tetapi selama berproses itu apakah diri sendiri sudah memahami apa itu belajar dan apa pentingnya belajar. Baik padaa penjelasan ini nantinya tentu akan ada pembahasan umum mengenai pengertian belajar juga pentingnya belajar terlebih dahulu. 

Menurut Prof. Dr. H. Baharuddin. M.Pd.I. dalam bukunya Teori Belajar dan Pembelajaran menjelaskan belajar merupakan proses manusia untuk mencapai berbagai macam kompetensi, keterampilan, dan sikap. Belajar dimulai sejak manusia masih dalam kandungan sampai akhir hayat atau bisa disebut long life education. Pentingnya belajar yaitu guna mencapai kehidupan sesuai apa yang diharapkan dan memiliki bekal ilmu pengetahuan, karena dalam menjalani proses kehidupan tidak terlepas dari yang namanya belajar. 

Dengan bisa memahami makna dan hakikat pentingnya belajar akan membawa semangat dalam pendidikan sepanjang hayat. Walaupun pendidikan sepanjang hayat itu bukan hanya melalui lembaga pendidikan, tetapi juga bisa melalui kehidupan sekitar kita. Misalnya kita melihat semut yang bergotong royong membawa remahan kue . Hal itu kita bisa belajar dengan melihat yang ada disekitar, yaitu semut yang mengajarkan pentingnya dan makna dari gotong-royong. Selain itu dalam belajar tentunya harus bisa memahami diri sendiri mana yang nyaman dan sesuai dengan kepribadian individu. Yaitu bisa dicapai dengan mengetahui gaya belajar yang sesuai dengan diri kita . Gaya belajar sendiri dibedakan menjadi 3 yaitu gaya belajar audio, visual, kinestetik. Berikut penjelasannya:

-gaya belajar audio, merupakan pemahaman proses pembelajaran yang mudah dipahami dengan metode mendengar, seperti mendengar penjelasan dari guru kemudian bisa dari video yang ada penjelasannya. Kelebihannya adalah tipe ini bisa mudah mencatat dan memahami yang disampaikan dengan guru sehingga pemahaman lebih cepat.

-gaya belajar visual, merupakan gaya belajar yang cenderung dengan melihat, mengamati, seperti halnya melihat penjelasan guru di papan tulis, melihat power point, melihat melalui keadaan sekitar.

-gaya belajar kinestetik, merupakan gaya belajar yang cenderung dengan gerakan jadi dalam mengaplikasikannga memerlukan gerakan tertentu agar dapat dengan mudah dipahami materi yang disampaikan guru.

Kemudian bagaimana mengetahui gaya belajar yang sesuai? Tentunya tanyakan pada diri anda sendirj yang nyaman dilakukan dan menjadikan senang dalam belajar. Gaya belajar ini apabila sudah diketahui dan bisa diterapkan dengan baik maka akan mempermudah pemahaman dan meningkatkan motivasi belajar . 

VIDEO PILIHAN