Mohon tunggu...
Nurizka Ayu
Nurizka Ayu Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Biologi

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mahasiswa KKN UNDIP bersama Masyarakat Bergerak Melawan Covid-19

30 Juli 2021   07:08 Diperbarui: 30 Juli 2021   07:13 40 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Mahasiswa KKN UNDIP bersama Masyarakat Bergerak Melawan Covid-19
Pemasangan Poster Gerakan Vaksinasi, dokpri

Randugunting, Tegal (30/7)- Pelaksanaan KKN UNDIP Tim II 2020/2021 di mulai tanggal 30 Juli 2021 sampai dengan 12 Agustus 2021 memiliki konsep yang sangat berbeda dari KKN UNDIP Reguler biasanya, yaitu KKN Reguler Mandiri (KKN Pulang Kampung). Hal ini terjadi karena adanya kondisi pandemi Covid-19 yang tersebar di berbagai negara termasuk Indonesia dan provinsi Jawa Tengah dengan kasus positif Covid-19 yang tinggi. KKN Pulang Kampung ditentukan berdasarkan domisili dari mahasiswa atau di luar domisili dengan alasan tertentu.

Tim P2KKN Undip telah berupaya maksimal dalam merancang KKN Undip Tim II 2020/2021 tanpa mengurangi essensinya dengan tema "Sinergi Perguruan Tinggi Bersama Masyarakat Dimasa Pandemi Pandemi Covid-19 Berbasis Pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG's) Melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata". Mahasiswa secara individu diwajibkan untuk melaksanakan dua program kerja, yaitu kegiatan pencegahan penyebaran Covid-19 dan kegiatan pemberdayaan masyarakat berkaitan dengan Sustainable Development Goals sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing (monodisiplin).

Dalam pandemi Covid-19 ini, masyarakat dihimbau dan diwajibkan untuk tetap menjaga protokol kesehatan ini dikenal dengan sebutan 5M. Protokol kesehatan 5M untuk membantu pencegahan penularan virus Covid-19 adalah Mencuci Tangan, Memakai Masker, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan, dan Mengurangi Mobilitas. Hand sanitizer pun menjadi andalan masyarakat untuk membersihkan tangan saat di perjalanan. Setiap kali melakukan aktivitas, hand sanitizer dan masker selalu dipakai. Oleh karena itu, Salah satu program yang dilaksanakan adalah pembagian hand sanitizer dan masker serta poster Gerakan Vaksinasi Covid-19.

Pembagian hand sanitizer dan diberikan kepada masyarakat RT 08, pedagang, ibu rumah tangga, service handphone dan warung kelontong. Hal ini diharapkan masyarakat menjadi sadar akan pentingnya menjaga protokol kesehatan dimanapun mereka berada.

Pemasangan poster ditempat umum membantu agar masyarakat dapat membaca dan mematuhi Gerakan Vaksinasi Covid-19. Program ini pun disambut baik oleh Ketua RT 08 RW IV Kelurahan Randugunting. dalam mendukung upaya pemerintah dalam Gerakan vaksinasi terkait persiapan diri apa yang harus dilakukan sebelum dan sesudah vaksinasi.

Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan