Mohon tunggu...
nur intan
nur intan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UNJ

Mahasiswa UNJ

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Seminar dan Workshop Virtual Gebyar AIMMA-K PAUD

30 Juli 2021   10:10 Diperbarui: 30 Juli 2021   10:30 100 1 0 Mohon Tunggu...

(Jakarta, 24/07/2021) Dalam rangka perayaan Hari Anak Nasional 2021 program studi PG PAUD FIP UNJ mengadakan sebuah seminar dan workshop virtual mengenai kurikulum keterampilan hidup anak usia dini dan pengembangan media bermain digital di Indonesia dengan narasumber terbaik yang kompeten di bidangnya. Kegiatan ini merupakan hibah DRPM DIKTI dan juga uji publik penelitian dari hasil kerja tim selama 3 tahun yang di ketuai oleh Dr. Yuliani Nurani M.Pd. Seminar dan workshop ini diikuti oleh 500 peserta yang berada pada Zoom Meeting dan 11 ribu peserta yang menyaksikan secara Live Streaming pada Channel Youtube AIMMA-K PAUD.

Seminar ini membahas tentang kurikulum keterampilan hidup anak usia dini dan media bermain digital berbasis kearifan lokal Indonesia untuk mewujudkan anak usia dini berkarakter, sekaligus meresmikan peluncuran logo, jingle, lagu AIMMA- K PAUD serta 36 produk Media Digital (buku digital + video pembelajaran) berupa Tas Pintar (Tastar) AIMMA-K PAUD (seperangkat media pembelajaran untuk anak usia dini, orangtua, guru dan calon guru PAUD).

Acara dimulai dengan sambutan oleh prof. Dr. Fahrurrozi M.Pd selaku Dekan FIP UNJ, kata sambutan dan pengarahan oleh Dr. Muhammad Hasbi M.Pd selaku direktur PAUD kemendikbud ristek. Selanjutnya sambutan sekaligus pembukaan acara oleh ketua lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat UNJ yaitu Prof. Dr. Ucu Cahyana M.Si.

Dokpri
Dokpri

"kegiatan ini merupakan salah satu contoh sebuah kegiatan penelitian yang sangat baik dimana penelitian tidak hanya berhenti di laporan kemudian dipublikasi di artikel jurnal internasional. Kegiatan dari teman-teman PAUD dengan Ketua Ibu Yuliani Nuraini selama 3 tahun dan tentu kami harapkan bisa terus berkembang tidak hanya berhenti di dalam pengembangan buku digital maupun media digital tapi terus dikembangkan dan bisa dikolaborasikan dengan teman teman dari fakultas yang lain selain dari paud dan FIP. Riset ini bisa dikembangkan kerjasama dengan kerjasama tim prodi IT dari fakultas teknik, maupun kerjasama dari tim fakultas psikologi maupun dari program studi teknologi pendidikan " Ungkap Prof. Dr. Ucu Cahyana, M.Si selaku ketua lembaga dan pengabdian masyarakat UNJ salam sambutannya.

Terdapat empat materi yang dibahas dalam kegiatan seminar ini yaitu materi pertama membahas tentang pengembangan karakter anak sejak usia dini dengan narasumber Ust. Dr. Oki Setiana Dewi, S.Hum., M.Pd ( Public Figure) , materi kedua membahas tentang Kurikulum keterampilan hidup anak usia dini berbasis media digital dengan narasumber Dr. Yuliani Nurani, M.Pd ( Koor. Prodi PGPAUD UNJ), selanjutnya materi ketiga membahas tentang Peran Guru dalam pengembangan keterampilan hidup dan karakter anak dengan narasumber Farida Yusuf, M.Pd ( Ketua Umum PP IGTKI), dan materi terakhir membahas tentang penguatan lembaga untuk pengembangan karakter anak dengan narasumber Dr. Sukiman, M.Pd ( ketua umum IKAD PAUDI).

Dokpri
Dokpri

Yuliani selaku ketua penelitian ini memberikan pesan khusus bahwa anak usia dini merupakan fondasi untuk pembangunan generasi emas indonesia. Tidak bisa dipungkiri, kita tidak bisa merubah perilaku, kemudian juga kemampuan atau prestasi anak-anak SMP dan SMA tanpa terlebih dahulu membangun usia dini terlebih dahulu. Pembangunan bangsa itu tidak bisa instan, misalnya ingin merubah anak-anak SMA itu sudah terbentuk tetapi pendidikan itu terlihat hasilnya 20-25 tahun yang akan datang.

Dengan kehadiran media digital ini merupakan sebuah momen yang penting dan juga hikmah dari pandemi COVID-19. Pandemi COVID-19 ini menyadarkan semua guru harus berubah menjadi seseorang yang harus menguasai teknologi dan menguasai platfrom tertentu, kemudian orang tua juga sama harus belajar menggunakan smartphonenya yang tadinya hanya digunakan untuk telfon sekarang harus digunakan untuk anak usia dini belajar. Sehingga hasil penelitian ini adalah penelitian yang tepat guna, efektif & efiesien dan Yuliani berharap banyak pihak-pihak lain yang juga ikut peduli.

Dokpri
Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x