Mohon tunggu...
Nurima Rohmadona
Nurima Rohmadona Mohon Tunggu... Mahasiswa

Nurima Rohmadona dan Syardilla Fika (Mahasiswa Prodi Pendidikan Sosiologi)

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Proses Pembelajaran Aqidah Akhlak di sekolah

19 Juni 2021   22:44 Diperbarui: 19 Juni 2021   23:30 30 0 0 Mohon Tunggu...

Pendidikan Karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter yang baik kepada semua yang terlibat untuk memiliki pengetahuan,kesadaran,dan tindakan dalam melaksanakan nilai-nilai tersebut.
Pendidikan Karakter di sekolah sebagai pembelajaran yang mengarah pada penguatan dan pengembangan anak secara utuh, pendidikan karakter mengandung makna :
1.pendidikan karakter merupakan pendidikan yang terintegrasi dengan pembelajaran yang terjadi pada semua mata pelajaran
2.Diarahkan pada penguatan dan pengembangan perilaku peserta didik secara utuh dalam segi kognitif,afektif,dan psikomotorik
3.penguatan dan pengembangan perilaku didasari oleh nilai yang dirujuk lembaga pendidikan.

Tujuan pendidikan karakter di sekolah adalah :
1.menguatkan dan mengembangkan nilai-nilai kehidupan yang dianggap penting untuk menjadikan peserta didik yang khas sebagaimana nilai-nilai dikembangkan
2.mengkoreksi perilaku peserta didik yang tidak bersesuaian dengan nilai-nilai yang dikembanglan sekolah
3. Membangun koneksi yang harmoni dengan keluarga dan masyarakat dalam memerankan tanggung jawab pendidikan karakter secara bersama.

Pendidikan karakter menjadi bagian proses pembentukan akhlak peserta didik sebagai anak bangsa, pendidikan karakter diharapkan mampu menjadi pondasi utama dalam meningkatkan derajat dan martabat bangsa Indonesia.Namun dari beberapa penelitian menemukan bahwa 90% kejadian-kejadian penyiksaan emosi dan kekerasan fisik diantara anak-anak terjadi di sekolah dan semakin hilangnya peran media dalam mengantarkan peserta didik untuk memahami dan mengamalkan ajaran agama islam.Oleh karena itu untuk menjadikan pendidikan yang berkarakter yaitu dengan ditanamkan nya akhlak yang baik dengan akhlak yang baik seseorang tidak akan terpengaruh pada hal-hal yang negatif.Dalam agama islam telaj diajarkan kepada semua pemeluknya agar dirinya menjadi manusia yang berguna bagi dirinya serta berguna bagi orang lain. Manusia  yang  berakhlak  akan  dapat menghiasi  dirinya dengan sifat  kemanusiaan  yang  sempurna, dan selalu  menjaga  kualitas  kepribadiannya  sesuai  dengan  tuntunan  Allah SWT danRasul-Nya.
Selain ditanamkannya akhlak yang baik maka perlu adanya Aqidah sebagai hal-hal yang wajib dibenarkan oleh hati dan jiwa agar merasa tentram serta menjadi keyakinan kukuh yang tidak tercampur oleh apapun.

VIDEO PILIHAN