Mohon tunggu...
Nuri Fumi Joelioes
Nuri Fumi Joelioes Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa FTIK UINSI

-

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Implementasi Sila Pertama

2 Desember 2022   12:20 Diperbarui: 2 Desember 2022   12:37 194
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sila Pertama (Ketuhanan Yang Maha Esa) mengandung nilai yang luhur yang berkaitan dengan ketuhanan dan keagamaan. Sumber pokok dari nilai kehidupan bangsa Indonesia dengan cara mendalami perwujudan dari kemanusiaan yang adil dan beradab, maka dari itu negara Indonesia berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa negara memberi jaminan sesuai dengan keyakinan untuk beribadah menurut agama dan kepercayaanya.

Sila pertama yang melambangkan bintang memiliki arti menerangi dan memberi cahaya bagi bangsa dan negara. dan memberi cahaya yang maknanya adalah jalan terang agar negara dapat menempuh jalan yang benar. Lambang bintang tersebut digunakan untuk menandakan bahwa bangsa Indonesia mampu hidup dengan saling menghormati dan menjaga toleransi antar umat beragama. Lambang bintang tersebut diberikan warna emas terang yang memiliki arti bisa menerangi kehidupan. Dan untuk letak lambang bintang tersebut memiliki makna, lambang bintang tersebut terletak di tengah perisai dan terhimpit oleh keempat sila lainnya yang yang bermakna menyatukan semua sila yang ada.

Penerapan dalam sila pertama Pancasila dapat dilakukan dengan cara saling membantu sesama teman, saling menghormati antara pemeluk agama yang berbeda dan tidak memaksakan suatu ajaran agama terhadap orang lain. Adapun implementasi dalam lingkungan kampus yaitu, meningkatkan sikap saling toleransi sesama mahasiswa, menghormati kegiatan Ibadah dari pemeluk agama sesama anggota kampus, mengingatkan teman untuk melakukan ibadahnya, tidak mengganggu ketenangan agama lain, menghormati Hari Besar Keagamaan dari masing-masing agama, menghargai perbedaan keyakinan dan kepercayaan, saling bekerja sama dengan pemeluk agama yang berbeda keyakinan dalam organisasi kemahasiswaan.

masalah dan solusi yang terjadi di ligkungan mahasiswa yang berkaitan dengan sila pertama yaitu, lalainya seorang mahasiswa dalam melakukan ibadah di kampus, solusinya dengan cara sesama teman di kampus harus saling mengingatkan bila waktu ibadah sudah tiba agar teman tersebut tidak lalai lagi dalam melakukan kewajibannya. Penerapan sila pancasila dalam kehidupan sehari hari merupakan hal yang wajib dilakukan bagi tiap-tiap warga.
Pada era globalisasi saat ini peran pancasila sangat penting untuk tetap menjaga identitas kepribadian bangsa Indonesia. Pemahaman sekaligus implementasi Pancasila sangat penting bagi mahasiswa untuk mencapai tujuan dari kehidupan bermasyarakat terutama masyarakat kampus maka mahasiswa perlu menggambarkan nilai-nilai Pancasila tersebut dalam kesehariannya.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun