Mohon tunggu...
nurhidayati
nurhidayati Mohon Tunggu... Love to reading, writing, eating nice foods, watching netflix movies, enjoying every second I have at my life

Teacher and Author Alumni STKIP SILIWANGI BANDUNG 12220300 Works at SMP PGRI CIPANAS from 2017 until now Works at SMP I AL FAJAR from 2020 until now Five Minutes Left "Snacbook" Bentang Pustaka (2017) Share your experience with me Facebook : Hilda Chamberlain Instagram : nurhidayati_hilda Wattpad : Hilda32

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Lagu? Benarkah Menjadi Healing Therapy?

29 Januari 2021   17:00 Diperbarui: 29 Januari 2021   17:01 76 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Lagu? Benarkah Menjadi Healing Therapy?
thevoiced.in

I just want to see beautiful you are. Penggalan lirik lagu yang dilantunkan oleh penyanyi HER dan Daniel Caesar ini mengalun melalui pelantang telinga yang banyak dimainkan banyak orang. Disini yang terjadi adalah apakah benar sebuah lagu bisa menjadi healing therapy?

 1. Embrace your mind by sing a song

Banyak sekali kehidupan yang berjalan tak sesuai rencana awal hingga memunculkan konflik dalam hidup namun ada banyak hal yang bisa menyembuhkan luka itu, diantaranya adalah dengan mendengarkan lagu dan mengikuti lirik yang masuk ke dalam telinga. Beberapa aluanan lirik lagu yang puitis terkadang membuat siapa saja yang mendengarkannya merasakan empati dari nyanyian yang memang adalah ungkapan perasaan dari si pembuat lirik lagu.

Jiwa manusia tak selamanya tenang dan ketika butuh sebuah sandaran kadang sandaran tak selamanya ada dan siap sedia namun ada juga sebuah pengobatan dimana lagu yang mendayu membuat hati tenang dan sedikit relax. Oleh karena itu peluklah pikiran dengan mendengarkan lagu yang disukai.

2. Reduce the stress of life

Punya banyak pikiran dan beban hidup yang bertumpuk? Belum mendapatkan pekerjaan yang lebih baik atau bahkan masih menganggur sementara melihat orang tua sudah semakin tua. Bisa juga mempunyai masalah dengan senior yang otoriter dan selalu mengadukan apapun kepada atasan, bisa juga menghadapi hubungan yang rumit dengan pasangan atau kelamaan sendiri seperti saya. Hahaha

Mengurangi stress bukan hanya dengan piknik saja tetapi dengan mendengarkan lagu sembari berbaring lalu menikmati camilan yang disukai sembari menghitung dan merefleksikan diri bahwa hidup akan berjalan dengan semestinya bisa mengurangi stress. Tentunya dengan lirik yang pas dan lagu yang tak terlalu keras juga bukan lagu mellow sehingga pendengar akan meratapi nasibnya.

Dengarkan lagu yang bisa membuat pendengar merasa bahwa memang semuanya akan kembali normal. Berjalan perlahan tanpa memaksa.

3. Learn from the lyric

Penikmat musik pasti memiliki lagu favourite yang selalu diputar. Hal ini bisa menjadi healing therapy. Semisal saya yang senang dengan lagu yang dibawakan lagu Tulus tentunya tak hanya mendengarkan lagunya saja melainkan kadang menghafal lirik lalu menuliskan beberapa kata yang sarat dan relate dengan kehidupan saya. Belajar dari lirik yang mengandung makna yang baik. Seperti lirik lagu tukar jiwa yang bernada 'Coba sehari saja, coba satu hari saja, kau jadi diriku... kau akan mengerti bahwa kau akan mengerti bagaimana ku melihatmu...." lagu ini benar benar menggambarkan bahwa saya sudah lelah dengan menjelaskan bagaimana caranya saya bersikap dan merespon banyak hal seperti ketika banyak orang yang menanyakan mengapa kadang saya sulit diajak bergabung dalam suatu acara bukan karena tak mau melainkan karena saya yang banyak kesibukan bekerja kesana-kemari demi mengeejar mimpi saya. Kadang lirik lagu tukar jiwa mengena dalam hidup saya dan membuat saya belajar setiap saat.

4. Sing out loud

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN