Mohon tunggu...
nurhidayati
nurhidayati Mohon Tunggu... Love to reading, writing, eating nice foods, watching netflix movies, enjoying every second I have at my life

Teacher and Author Alumni STKIP SILIWANGI BANDUNG 12220300 Works at SMP PGRI CIPANAS from 2017 until now Works at SMP I AL FAJAR from 2020 until now Five Minutes Left "Snacbook" Bentang Pustaka (2017) Share your experience with me Facebook : Hilda Chamberlain Instagram : nurhidayati_hilda Wattpad : Hilda32

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Rencanakan Tujuh Langkah Ini untuk Berwirausaha

13 Januari 2021   07:00 Diperbarui: 13 Januari 2021   07:19 35 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Rencanakan Tujuh Langkah Ini untuk Berwirausaha
pixabay

Jiwa muda, jiwa berkarya. Slogan yang sering terdengar di banyak tempat dan inilah yang menjadi pribadi muda yang haus akan keingintahuan serta rasa percaya akan kekuatan untuk berkarya. Salah satunya adalah menjadi seorang wirausaha. 

Dari kata wirausaha saja sudah dipastikan bahwa ini bukan hanya omong kosong belaka melainkan keinginan yang perlu dipupuk matang-matang. Banyak sekali para pengusaha muda yang melebarkan sayapnya dalam berbagai bidang yang tidak hanya menguntungkan tetapi juga menjamin hidupnya.

Jika dipikir ulang, apa menjadi wirausaha itu sulit? Karena ternyata banyak orang mencoba dan mereka menyerah sebelum waktunya. Mungkin faktor modal? Manajemen pemasaran? Atau kurang pengalaman. Namun, jika masih pemula dan tak takut mencoba. Alangkah lebih baiknya kita tahu bahwa sebelum memulai sesuatu ada beberapa langkah yang patut dituru.

Dalam buku yang dikarang oleh Durieux and Stebbins (2010), terdapat beberapa kalimat yang mengatakan bahwa ada lima langkah membangun wirausaha yang terdiri atas: 1) envisioning ata visualisasi, 2) formulating atau formulasi, 3) taking action atau mengambil tindakan, 4) evaluating atau evaluasi dan 5) sustaining atau mempertahankan.

Tentunya langkah pertama dalam memulai menjadi wirausaha, bukan hanya menjual barang atau jasa tanpa adanya visi atau cita-cita ke depannya. Ibarat membangun gedung pencakar langit pasti akan ada puncak yang ingin dituju. 

Untuk itulah, adanya envisioning atau kenali terlebih dahulu masalah atau kondisi yang dibutuhkan sehingga timbullah peluang yang akan kita ciptakan. Semisal, ketika sekarang zamannya serba cepat dan orang lain butuh sampai dengan tepat ke kantor maka evolusi mengubah ojek pangkalan menjadi ojek online yang bisa hadir setiap saat.

Kedua, Formulating atau menulis formula yang merujuk pada rencana ke depannya seperti apa? Jika kita sudah tahu letak permasalahan dan solusi yang kita temukan. Inginnya kita terus menetap di bagian itu karena dengan bisnis yang kita buka akan ada keuntungan yang berlanjut, namun tidak semua yang kita mulai berjalan dengan cepat akan ada hambatan untuk membuat mental dan kesiapan kita lebih meningkat. 

Salah satu cara untuk meneruskan rencana usaha kita baik ke depannya adalah dengan menetapkan sasaran. Mudah saja, ketika kita membuka sebuah usaha rumah makan, selain memberikan makanan yang enak kita juga harus pastikan harga terjangkau dan rasa tak kalah dengan restoran kelas atas hingga pelanggan dari pekerja, mahasiswa dan lainnya betah menetap di rumah makan kita.

Ketiga, Taking action atau bisa kita sebut mengambil tindakan. Dalam hal ini jiwa seorang wirausaha harus berani dibanting karena cobaan bisa datang darimana saja. 

Misalnya, ketika usaha rumah makan sudah mulai banyak pesaing dan cita rasa yang sama, jiwa seorang wirausaha bisa tersundut dengan meningkatkan inovasi dan pelayanan lain. Seperti menciptakan menu baru atau memodifikasi warung kecil menjadi sebuah Cafe yang bisa disinggahi semua kalangan. Pastikan seorang wirausaha berjiwa optimis dalam menghadapi tantangan!

Keempat evaluating atau evaluasi. Bukan hanya soal matematika saja yang butuh evaluasi tapi seorang wirausaha juga harus berani mengevaluasi usaha yang ada. Kita tidak bisa cepat puas dengan hasil yang segitu saja melainkan kita juga harus melakukan penilaian atau perbaikan dalam segi pemasaran, pelayanan dan peningkatan usaha kita. Dengan adanya evaluasi kita bisa berbenah dan menjadikan usaha lebih baik lagi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN