Mohon tunggu...
NurhasnahSS
NurhasnahSS Mohon Tunggu... Guru - An English Teacher

Seorang pembelajar di UPT SMP Negeri 2 Tigaraksa. Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang Provinsi Banten Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menampik Opini Negatif Tentang Study Tour dalam Edukasi

18 Mei 2024   17:58 Diperbarui: 18 Mei 2024   20:14 171
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kecelakaan  Bus  rombongan  SMK Kencana  Depok di Ciater Subang ,Jawa barat pada hari Sabtu Tanggal 11 Mei  2024 yang menyebabkan 11 orang  meninggal dan yang lain mengalami luka-luka sangat memicu opini negative masyarakat terhadap guru yang ada di seluruh Indonesia.  Opini  negative ini berkembang liar sampai menghina dan menjatuhkan martabat pendidik saat ini .  Masyarakat menuduh guru dan sekolah tidak bertanggung jawab,hanya mencari untung, menumpang traveling gratis, cari  bisnis banyak dan lain-lain untuk agenda  study tour peserta didik di sekolah.  Study tour pada prinsipnya  di sekolah manamun ada SOP yang harus siapkan dan dijalankan sebelum  diselenggarakan.

Sebelum kegiatan dilaksanakan diadakan koordinasi antara  sekolah dengan komite beserta orang tua  peserta didik.  Dalam koordinasi dan sosialisasi pihak sekolah dan semua pihak terkait di sampaikan  latar belakang,tujuan dan out come dari kegiatan tersebut.  Selain latar belakang ,tujuan dan outcome dan lain- lain.  Hal lain yang berperan penting adalah pembentukan panitia sebagai team sekolah untuk mengektvitaskan kegiatan agar berjalan lancar dan tertip.  Semua hal terkait agenda mulai dari team waktu ,tanggal dan transportasi ,serta survey tempa,t dansurvei  kendaraan dilakukan dengan sangat detail.   Team panitia yang di bentuk ini terdiri dari guru dan komite. Panitia inilah yang melaksakan agenda ini untuk berjalan dengan baik, mul

Survey kendaraan mulai dari KIR ,STNK ,supir kelayakan  semua tentang traspotasi dan lain-lain untuk agenda study  tour ini di periksa dan disiapkan . Standar  kelayakan transportasi untuk study tour  sudah layak baru bisa di approved .  Adapun ada hal yang di luar dugaan   seperti kecelakaan itu di luar kuasa penyelenggara. Kembali focus pada agenda yang  menjadi  opini negative terhadap guru-guru  pada agenda study tour memamfaatkan bisnis seperti cari untung, memumpang gratis, membawa anak agar bisa gratis dan lain lain adalah  tidak lah benar dan tidak elok jika terlontar  pada pendidik yang mendidik anak bangsa yang memiliki  akhlak yang mulia.

Study tour di sekolah   pada prinsipnya memiliki landasan hukumnya masing-masing.   Pendidikan ada di luar sekolah dan ada di luar sekolah.  Untuk Pendidikan di luar sekolah bisa berupa student camp, field trip, outing class dan lain sebagainya.  Di dalam alquraan ada    banyak ayat yang menceritakan tentang tour / traveling.  Kenapa  disebut traveling? Opini pulic saat ini sedang mengencangkan para guru menumpang gratis jalan-jalan bersama murid.Oleh sebab itu mari kita pahami  beberapa ayat yang memabahs tentanga traveling atau study tour yang sedang di di viralkan.

Ayat yang menceritakan tentang rihlah yaitu surat Al Mulk ayat 15 yang artinya adalah:' Dialah yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu,maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebagaian dari rezekiNya.  Dan hanya kepada -Nya lah kamu ( kembali setelah di bangkitan).   

Tafsiran surat  ini adalah Allah telah menciptkan bumi ini mudah dimamfaatkan oleh manusia sehingga bisa melakukan aktifitas dengan mudah, Berniaga,Bertani,mecari rezeki dan berihlah. Surat Al Mulk menjeaskan  tentang nikmat Allah yang tidak terhingga dimuka bumi ini maka kita sebagai manusia sepatutnya  bersyukur terhadap nikmat tersebut.


Surat Arrahman ayat 33 yang artinya:' Hai  jamaah jin dan manusia,jika kamu sanggup menembus (melintasi ) penjuru langit dan bumi,maka lintasilah,kamu tidak dapat menembusnya kecuali dengan kekuatannya. Dari ayat ini manusia  dituntut untuk mengetahui apa saja yang ada di bumi ini dan hal itu bisa terjadi dengan kehendak Allah.  

Bagi peserta didik untuk melakukan hal itu adalah dengan study tour karena ada banyak yang bisa di dapat dari alam ,lingkungan rekan sejawat dan khidupan masyarakat luas yang tersebar di seluruh daerahyang ada,apalagi daerah Indonesia yang terkenal  luas dan beragam budayanya. .  

Selain belajar study tour merupakan ibadah.   Semakin banyak kita berjalan di muka bumi ini maka akan semakin  banyak yang didapat tentang  penciptaan alam dan kehidupan yang nyata di luar sana.  Study tour itu adalah  belajar bukan jalan jalan semata seperti yang  di klaim oleh sebagian masyarakat.

Dokpri
Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun