Mohon tunggu...
Hanum  Siregar
Hanum Siregar Mohon Tunggu... Nurfatimah hanum siregar

Medan

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Kajian Ekonomi Internasional

24 September 2020   08:42 Diperbarui: 24 September 2020   08:47 9 0 0 Mohon Tunggu...

perdagangan internasional sangat la penting bagi dunia kerjasama internasional karena dengan melakukan perdagangan internasional berarti melakukan transaksi antar negara, tidak hanya satu negara yg dituju melaikan banyak negara,guna untuk memperkenalkan produk atau pun barang yang kita miliki ke konsumen yg kita tuju, hal itu membuat barang atu produk kita lebih dikenal kealitasnya.

Perdagangan internasional juga memiliki banyak peran yang penting karena suatu negara sudah dipastikan tidak dapat memenuhi semua kebutuhan dalam negeri. Perdagangan internasional dapat diartikan sebagai kegiatan ekspor dan impor yang dilakukan oleh masyarakat di era globalisasi untuk memenuhi kebutuhan sehari- harinya. Ekspor dan impor pun menjadi hal yang krusial dalam memperbaiki perekonomian negara.

Faktor eksternal
. Kebutuhan dalam negeri
Menambah Keuntungan dan Memperluas Dagang
* Kepercayaan antara eksportir dan importir
* Sistem kuota dan hubungan perdagangan antar negara.
* Hubungan dan keterlibatan dalam organisasi internasional
* Kurangnya pemahaman akan tersedianya kemudahan-kemudahan  Internasional
Faktor Internal
* Persiapan teknis masing-masing perusahaan yang akan melakukan ekspor impor
* Kemampuan dan pemahaman transaksi luar negeri
* Pembiayaan
* Kekurangsempurnaan dalam mempersiapkan barang
* Kebijakan pemerintah dalam pelaksanaan ekspor impor

Faktor-faktor yang menentukan apa yang di ekspor tak lain ialah pastinya kealitas barang yang kita miliki harus lebih menyakinkan kepada negara atau produsen yang akan kita libatkan, selanjutnya begitu pun dengan faktor yang kita impor, yang dimana impor sendiri berarti sesuatu barang yang kita dalat kan dari negara lain,kita wajib melihat kwalitas barangnya juga agar bisa kita olah kembali dan kita lakukan penjualan kembali.

Blok -blok perdagangan sendiri merupakan kelompok yang membentuk perjanjian perdagangan diantara negara.

blok-blok perdagangan dengan tujuan meraih keuntungan langsung dan pastinya ber dampak pada kenerlangsungan prekonomi, kesejahteraan ,memajukan pertumbuhan ekonomi regional lebih maju dan berkembang.

Blok-blok perdagangan ini dibentuk untuk mewujudkan kawasan perdagangan bebas dengan menghilangkan atau mengurangi hambatan-hambatan perdagangan barang baik tarif maupun non-tarif. Peningkatan aspek pasar jasa, peraturan dan ketentuan investasi, sekaligus peningkatan aspek kerjasama ekonomi untuk mendorong perkonomian para pihak dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. 

Secara khusus, keterlibatan Negara dalam perjanjian perdagangan ini perlu untuk dicermati lebih lanjut. Hal ini terkait dengan banyak faktor seperti kesiapan produk dalam negeri menghadapi dunia internasional .

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x