Mohon tunggu...
Icha Ibrahim
Icha Ibrahim Mohon Tunggu... Mahasiswi

don't look for me, I'm not here"

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Peran Penting Orang Tua dalam Mengetahui Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak

9 Desember 2020   15:34 Diperbarui: 9 Desember 2020   15:44 35 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Peran Penting Orang Tua dalam Mengetahui Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tumbuh Kembang Anak
Sumber: frenchacademy.us

pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai peran orang tua terhadap perkembangan seorang anak adapun beberapa faktor yang mempengaruhi perkembangan seorang anak.
meskipun begitu  anak tumbuh dan berkembang bergantung pada faktor lingkungan internal dan eksternal. Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak.
1. Keturunan
Keturunan adalah transmisi ciri fisik dari orang tua kepada anak melalui gen mereka. Ini mempengaruhi semua aspek seperti tinggi badan, berat badan, kecerdasan, bakat serta penyakit dan kondisi.
2. Lingkungan
Faktor lingkungan, yang mempengaruhi perkembangan masa kanak-kanak melibatkan lingkungan fisik dan kondisi geografis tempat anak tinggal, dan lingkungan sosialnya serta hubungan dengan keluarga dan teman sebaya.
3. Gender
Anak laki-laki dan perempuan tumbuh dengan cara yang berbeda, terutama menjelang pubertas. Temperamen mereka juga bermacam-macam, membuat mereka menunjukkan ketertarikan pada hal yang berbeda.
4. Latihan dan kesehatan
Olahraga yang tepat membantu anak-anak tumbuh dengan baik dan mencapai pencapaian tepat waktu atau lebih cepat. Olahraga juga membuat mereka sehat dan melawan penyakit dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh.
5. Hormon
Fungsi hormon yang tepat waktu sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan fisik normal pada anak-anak. Ketidakseimbangan dalam kelenjar yang mengeluarkan hormon dapat menyebabkan cacat pertumbuhan, masalah perilaku, dan penyakit.
6. Nutrisi
Gizi buruk dapat menyebabkan penyakit defisiensi yang mempengaruhi tumbuh kembang anak. Makan berlebihan dapat menyebabkan masalah kesehatan dalam jangka panjang seperti obesitas, diabetes, dan gangguan jantung.
7. Pengaruh keluarga
Pertumbuhan positif terlihat ketika keluarga menginvestasikan waktu, energi dan cinta dalam perkembangan anak mereka. Ketika keluarga melecehkan atau mengabaikan anak, mereka menjadi
Individu yang memiliki keterampilan sosial yang buruk.
8. Pengaruh geografis
Tempat tinggal Anda mempengaruhi bagaimana anak-anak Anda nantinya. Bahkan cuaca suatu tempat memengaruhi anak-anak melalui ritme tubuh, alergi, dan kondisi kesehatan lainnya.
9. Status sosial ekonomi
Status sosial ekonomi keluarga menentukan kualitas kesempatan yang didapat seorang anak. Keluarga kaya dapat membeli bantuan khusus jika anak-anak membutuhkannya.
10. Pembelajaran dan penguatan
Pembelajaran membina anak secara mental, emosional, dan sosial sehingga mereka berfungsi sebagai individu yang fungsional. Penguatan adalah ketika suatu aktivitas diulangi dan disempurnakan untuk memperkuat pelajaran yang dipetik.

Untuk itu orang tua perlu memperhatikan baik-baik nutrisi dan tingkat olahraga pada anak-anaknya , karena ini juga memainkan peran penting dalam mendorong pertumbuhan dan perkembangan anak Anda tepat waktu dan sehat.

VIDEO PILIHAN