Mohon tunggu...
Nur  Cholifah
Nur Cholifah Mohon Tunggu... Pendidk dan Pegiat Literasi

1999-2003 Pendidik di SMA Negeri 3 Salatiga 2003-sekarang Pendidik di SMK Negeri 1 Bawen Kab. Semarang

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Pramuka Vokasi Siap Terdepan Bergerak

14 Agustus 2020   11:30 Diperbarui: 14 Agustus 2020   15:19 108 0 0 Mohon Tunggu...

Tanggal 14 Agustus adalah hari dimana Pramuka Indonesia berdiri. Dirintis oleh Baden Powell pada tahun 1907, Pramuka di Indonesia disahkan dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 238 tanggal 20 Mei 1961. Legalitas gerakan Pramuka makin diperkuat dengan lahirnya UU RI No. 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. Pemerintah melalui Kemdikbud mengeluarkan Permen No. 063 tahun 2014 tentang Ekskul wajib Pendidikan Kepramukaan untuk mendukung pelaksanaan Kurikulum 2013 dan program Pendidikan karakter bagi peserta didik. 

Gerakan Pramuka merupakan Gerakan Kepanduan Nasional untuk mendidik generasi muda Indonesia sebagai insan Pancasila yang berkualitas, ulet, bertanggung jawab dan berdaya guna.  

Sesuai amanah UU RI No 12 tahun 2010 dan UUD 45 pasal 27, 30,31 dan 32, tugas pokok generasi Pramuka diantaranya mewujudkan insan berkarakter baik, juga berkecakapan hidup. 

Hal ini sejalan dengan arah kebijakan Program Pramuka 2020-2024. Gerakan Pramuka adalah kawah candradimuka pembentukan karakter, kecakapan, bela negara dan kerelawanan untuk pengimplementasian kemandirian dan penguatan ketrampilan hidup dalam meminimalisir masalah negatif pemuda. 

Maka disamping berjiwa gotong royong, peduli, dan cinta tanah air, anggota Pramuka juga harus memiliki life skill untuk menjadi insan kuat, mandiri dan bermanfaat. Jiwa tangguh, kompetitif, cerdas, inovatif, dinamis, semuanya berorientasi pada pengetahuan dan teknologi untuk menjadi generasi produktif dan berakhlak mulia. 

Pramuka Vokasi merupakan "branding"  kebutuhan berkegiatan positif pemuda untuk memenuhi tuntutan generasi muda guna mengejawantahkan Revolusi Industri generasi keempat (4.0) dalam berdinamika, generasi yang tidak tergantikan mesin, yang mampu memecahkan masalah, beradaptasi, berkolaborasi, berjiwa leadership, dan berkreatifitas serta berinovasi dalam mengikuti laju perkembangan industri. Visi Pramuka "Terdepan dalam pendidikan nonformal bagi kaum muda agar berkarakter dan berkecakapan hidup" menjadi manifestasi generasi kreatif, inovatif, rekreatif. 

Diera new normal saat ini, disamping mendukung Pemerintah dalam Penanganan Covid-19, generasi milenial Pramuka juga dapat berinisiatif dalam menghasilkan produk barang dan jasa sesuai kompetensi yang mereka pelajari. , memperkenalkan dan  memasarkan produk, serta menyemangati masyarakat setempat dalam sustainabilitas ekonomi mandiri.

Pramuka Vokasi  mengaplikasikan kompetensi dan skill, mengajarkan kepada masyarakat sekitar untuk memanfaatkan potensi yang ada dan mengolahnya menjadi sebuah produk yang bermanfaat. 

Program Pramuka Vokasi  bisa berempiris dan memberi paket komprehensif. Mereka siap memberi  tutorial bagi masyarakat yang belum bekerja atau yang dirumahkan baik dengan pembelajaran penjualan lewat jasa online atau membuat produksi dirumah saja. Inilah saatnya mencetak entrepreneur muda, memfasilitasi sesuai skill dan passion. 

Pramuka Vokasi siap menjalin relationship bersama sama membangun link kuat sebagai mitra industri yang handal. Generasi Pramuka dapat memanifestasikan ilmu produktif yang terserap secara utuh dan signifikan menjadi sebuah produk, bersinergi dengan masyarakat. Pramuka Vokasi siap menjadi garda depan dan ujung tombak untuk selalu berkemajuan dalam berkebutuhan. 

Siap berkualitas, berkompeten dan berkompetitif dalam mengatasi situasi dan kondisi saat ini. Pramuka Vokasi adalah aksentuasi dalam mengimplementasikan ilmu produktif, berpikir konstruktif dalam melihat peluang yang ada di daerahnya. Siap beretos kerja tinggi,  berinteraksi secara professional dan berkorelasi positif di masyarakat. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN