Mohon tunggu...
Nur Baety Zahra
Nur Baety Zahra Mohon Tunggu... Mahasiswi Universitas Negeri Jakarta

Pendidikan IPS

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Apa Aja sih yang Ada di Negara Arab?

22 Juni 2021   11:04 Diperbarui: 22 Juni 2021   12:56 67 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Apa Aja sih yang Ada di Negara Arab?
Arab Saudi. Image via: Al Jazeera.

Kerajaan Arab Saudi merupakan sebuah negara yang terletak di Asia Barat Daya, negara terbesar di Jazirah Arab, yang berbatasan dengan Teluk Persia dan Laut Merah serta utara Yaman. Garis pantai yang luas di Teluk Persia dan Laut Merah memberikan pengaruh besar terhadap pengiriman, terutama minyak mentah melalui Teluk Persia dan Terusan Suez. 

Kerajaan arab saudi menempati 80% dari Jazirah Arab. Negara Arab Saudi berbatasan dengan Uni Emirat Arab (UAE), Kesultanan Oman, dan Republik Yaman. 

Sebelumnya ada dua negara yang terpisah yaitu Republik Arab Yaman atau Yaman Utara, dan Republik Demokrasi Rakyat Yaman atau Yaman Selatan), luas negara tidak terdefinisi maka dari itu ukuran yang tepat dari negara itu tidak diketahui. Kerajaan Arab Saudi baru terbentuk pada 23 September 1932. Namun jika ditelusuri sebenernya pada awal abad ke-18 telah muncul negara Saudi pertama.

Sumber Daya Alam 

Adapun Sumber daya alam unggulan di Arab Saudi yang dapat dieksploitasi meliputi sumber bahan bakar fosil yang mana substansial termasuk minyak bumi dan gas alam. Banyaknya minyak bumi yang tersimpan di negara Arab Saudi sampai-sampai negara tersebut bisa sepesat sekarang, saking melimpahnya minyak bumi di Arab Saudi ada data yang menyebut 20 persen cadangan minyak dunia terdapat di Arab Saudi. Negara ini juga memiliki sumber daya lainnya, kekayaan yang lainnya seperti tembaga, perak, hingga fosfat.

Perekonomian 

Perekonomian negara Arab Saudi didasarkan pada berbagai macam hal. Sebagian besar didasarkan pada hasil minyak bumi, namun beberapa dari perniagaan dan juga peternakan. 

Pada umumnya masyarakat negara ini banyak yang bekerja sebagai pedagang dan juga penambang. Memang pendapatan negara Arab Saudi sangat banyak diperoleh dari kegiatan penyelenggaraan haji dan umroh, tetapi juga didukung oleh banyak faktor terutama dari sektor- sektor perekonomian di negara ini.

  • Sektor Minyak Bumi atau Pertambangan

Pertambangan merupakan salah satu ekspor yang paling banyak digeluti oleh masyarakat di Arab Sudi. Hasil pertambangan ini yang paling besar adalah minyak bumi dan juga gas alam. Karena Arab Saudi merupakan penghasil dan pengekspor minyak bumi terbesar di dunia. Negara Arab Saudi mendapat gelar "Petro Dollar" karena sebagian besar sumber devisa negaranya berasal dari ekspor minyak ini.

  • Sektor Perdagangan

Selain dari sektor pertambangan perekonomian arab saudi juga terdapat di sektor perdagangan yang merupakan mata pencaharian dari masyarakat arab tersebut. Ada bermacam -- macam yang dijual oleh masyarakat arab seperti kain, tekstil, hinggan cinderamata (oleh- oleh) khas arab saudi itu sendiri. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN