Mohon tunggu...
Nur Asih Jayanti
Nur Asih Jayanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa - Freelancer // Belajar menulis // CP : menurasih@gmail.com

Senang menulis tentang Pertanian, pangan, dan lifestyle. Enjoy the moment!

Selanjutnya

Tutup

Tradisi Artikel Utama

Tingkatkan Ibadah Puasa dalam Tiga Fase Selama Bulan Ramadan

27 Maret 2023   22:05 Diperbarui: 30 Maret 2023   03:00 821
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
ilustrasi ramadan. (sumber: pixabay.com/surgull01)

Bulan Ramadan adalah bulan penuh berkah yang memberikan kesempatan kepada umat Muslim untuk melakukan amalan kepada Allah SWT seperti ibadah puasa maupun kegiatan amalan baik lainnya. 

Ramadan sebagai bulan suci yang penuh ampunan dan rahmat dari Allah SWT menjadikan bulan suci ini sangatlah istimewa bagi seluruh umat Muslim di dunia. 

Bulan Ramadan melatih setiap manusia untuk menahan diri dari segala hawa nafsu baik itu menahan lapar dan haus, menahan emosi maupun perbuatan tidak baik yang dilarang untuk dilakukan. 

Puasa memberikan hikmah dan keutamaan selama satu bulan untuk selalu mengontrol diri dan menjauhkan diri dari larangan-Nya selama 30 hari puasa di bulan Ramadan. 

Selama menjalani ibadah puasa dalam 30 hari, terdapat tiga tahap yang dilalui dan terbagi dalam 10 hari pertama, 10 hari kedua, dan 10 hari ketiga dengan masing masing fase memiliki banyak keutamaan. 

Bisa diibaratkan seperti tahap naik sebuah gunung dimana titik awal penuh dengan perjuangan, lalu titik kedua semakin berat ujiannya dan titik terakhir ini kebanyakan orang menyerah namun disitulah puncak kebahagiaan. 

Berikut tiga fase selama bulan Ramadan yang harus dilalui untuk meningkatkan ibadah:

10 (sepuluh) hari pertama Ramadan adalah fase rahmat

Merupakan fase yang berat karena manusia harus menghadapi perubahan kebiasaan diri untuk mencapai suatu ketaqwaan dan merupakan fase yang paling banyak mendapat pahala. 

Tahap 10 hari pertama Ramadan ini pintu rahmat akan dibuka selebar lebarnya sehingga manusia bisa saling berlomba untuk berbuat dalam hal kebaikan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Tradisi Selengkapnya
Lihat Tradisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun