Mohon tunggu...
Nur Asih Jayanti
Nur Asih Jayanti Mohon Tunggu... Mahasiswa - Sedang belajar menulis

Mahasiswi FPP UNDIP

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Makna Hari Lahir Pancasila

1 Juni 2022   11:43 Diperbarui: 1 Juni 2022   11:48 826 15 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
sumber image : pexels.com

Hari Lahir Pancasila 2022 diperingati oleh seluruh warga Indonesia pada hari ini yaitu hari Rabu tanggal 1 Juni 2022. Berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016, tanggal 1 Juni juga ditetapkan sebagai hari libur nasional. Lalu, mengapa tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai Hari Lahirnya Pancasila? Hal ini karena Ir. Soekarno dalam pidato sidang BPUPKI pertama pada tanggal 1 Juni 1945 pertama kali menyebut istilah Pancasila. Rumusan "Pancasila" dicetuskan oleh Ir. Soekarno sebagai dasar negara Indonesia.

Lalu bagaimana cara memaknai Hari Lahir Pancasila 2022 ini?

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan secara sederhana tentunya. Hal terpentingnya kamu dapat memaknai Pancasila sebagai nilai nilai yang harus ditetapkan dalam kehidupan sehari hari kamu. Kamu bisa melakukan hal-hal positif untuk memperingati Hari Lahir Pancasila.

1. Saling Menghormati. Saling menghormati sesama meski berbeda agama. Masih banyak isu yang beredar terkait permasalahan sara karena kurangnya rasa saling menghormati dan menghargai. Mari kita saling menghormati dan menghargai mulai sekarang karena kita adalah satu, satu bangsa Indonesia. 

2. Mengakui Persamaan Derajat Antarmanusia. Mengakui persamaan derajat antarmanusia dilakukan dengan menghormati hak, derajat, dan martabat setiap manusia. Hidup rukun antar sesama manusia sebagai salah satu contoh sikap yang dapat kamu terapkan. Tidak membedakan perlakuan kepada teman, keluarga atau saudara yang memiliki perbedaan suku, ras, agama.

3.  Saling Menolong dalam Menjaga Persatuan. Sudah menjadi tanggung jawab bersama untuk saling membantu. Ada banyak sikap yang bisa kamu lakukan dalam lingkungan sekitar. Sebagai contohnya kamu bisa gotong royong dalam membersihkan lingkungan rumah serta menjaga keamanan lingkungan.  

Mari jadikan hari lahir Pancasila sebagai langkah dalam mengamalkan nilai nilai Pancasila untuk menjadi manusia yang lebih baik. 

Selamat Hari Lahir Pancasila 2022. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan