Mohon tunggu...
Nur Aisyah
Nur Aisyah Mohon Tunggu... Seorang mahasiswa akhir

Menempuh pendidikan di program studi Ilmu Sejarah, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Pelaksanaan KKN UNS Era Covid-19 di Joyotakan, Surakarta

13 Juli 2020   23:08 Diperbarui: 19 Juli 2020   20:03 16 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pelaksanaan KKN UNS Era Covid-19 di Joyotakan, Surakarta
Penempelan poster dalam rangka sosialisasi mencegah covid-19|dokpri

(Surakarta, 11 Juli 2020) Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan yang dilakukan mahasiswa untuk mengabdi di dalam masyarakat sekitar tetapi dengan adanya pandemi Covid-19 kegiatan ini sangat beresiko jika dilakukan secara langsung apalagi di daerah-daerah yang belum terdampak virus ini. 

UNS sebagai universitas yang peduli dengan masyarakat mencanangkan sebuah program baru yaitu KKN era Covid-19 ditengah wabah Covid-19 dilakukan oleh mahasiswa UNS yang dilaksanakan di daerah masing-masing tempat tinggal mahasiswa yang tersebar di beberapa provinsi yang ada di Indonesia, sejak adanya wabah covid-19 semua kegiatan dilakukan secara daring tidak dengan bertatap muka secara langsung karna dikhawatirkan meningkatnya penyebaran covid-19 dan menekan angka penyebaran covid-19, maka dari itu kegiatan KKN UNS juga dialihkan dengan KKN di daerah masing masing secara mandiri dengan menerapkan aturan sosial distancing / physical distancing bisa dengan secara online dari rumah dengan menggunakan media sosial yang ada di smartphone dengan teknologi internet.

Mahasiswa yang mengikuti KKN era Covid-19 dibagi menjadi 3 tahap yang masing masing tahap memiliki perbedaan waktu pelaksanaannya, dalam bimbingan KKN juga dilakukan secara daring oleh dosen pembimbing (DPL). Kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat membantu masyarakat dalam mengatasi penyebaran Covid-19 sehingga masyarakat bisa teredukasi dengan baik.

Pelaksanaan KKN Era Covid 19 ini saya lakukan di daerah saya penulis (Nur Aisyah, B0417042) yaitu berlokasi di Joyotakan Rt 02 Rw Serengan, Surakarta. Dengan bimbingan Prof. Dr. I Gusti Ayu Ketut Rachmi, S.H, M.M. Dalam pelaksanaannya saya memilih tema bidang pendidikan, saya memutuskan untuk memilih tema tersebut karena saya merasa bahwa pentingnya pengetahuan mengenai covid 19 yang harus diketahui oleh masyarakat dan pembelajaran yang baik dan benar yang perlu diajarjan kepada anak-anak mengenai covid 19 ini. 

Saya menjalankan KKN ini dengan beberapa program yaitu: 1. Melakukan pembuatan sticker dan poster yang berhubungan dengan Covid-19 serta dampaknya, kemudian akan dibagikan kepada masyarakat sekitar rumah. 2. Memberikan informasi dan edukasi kepada warga tentang update Covid-19 seperti ODP, PDP, OTG yang akan dishare ke WA Grup Ibu-Ibu PKK. 3. Melakukan pendampingan yang akan dilaksanakan di WA Grup secara daring yang berisikan pelajar di daerah Joyotakan, 1 hari akan dilaksanakan 1 pendampingan pelajar, Dan diadakan Games agar pelajar tidak bosan serta memberi hadiah untuk pelajar yang aktif. 4. Melakukan sosialisasi tentang pencegahan Covid-19 dengan menggunakan masker terutama di Luar rumah dan rutin melakukan cuci tangan, serta melakukan pembagian masker kepada masyarakat yang dimana dalam pembagiannya tetap dalam aturan physical distancing.

Pelaksanaan program dilakukan secara langsung dan tidak langsung, secara langsung yaitu dengan penempelan poster di papan pengumuman yang ada dilingkungan Joyotakan RT 02/03 dan memberikan informasi secara langsung kepada masyarakat, sedangkan cara yang tidak langsung yaitu saya menyampaikan melalui whatsapp dan menyebarkannya di grub-grub perkumpulan masyarakat RT 02/03 seperti ibu-ibu PKK dan Remaja Masjid. Saya berharap dengan pelasanaan KKN Era Covid 19 ini saya dapat berperan aktif dalam memberikan pengetahuan kepada masyarakat khususnya anak-anak yang masih belum paham betul mengenai apa itu virus covid-19.

VIDEO PILIHAN