Mohon tunggu...
Nur Aini Agustina
Nur Aini Agustina Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswi Universitas Negeri Surabaya

Saya Mahasiswa D4 Administrasi Negara

Selanjutnya

Tutup

Money

Alasan Luhut Mengumumkan Tiket Masuk ke Candi Borobudur Menjadi Rp 750.000

6 Juni 2022   12:12 Diperbarui: 6 Juni 2022   12:43 79 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Luhut Binsar Pandjaitan dan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menegaskan tarif Rp 750 ribu itu untuk dikenakan bagi mereka yang ingin naik ke area stupa. Kenaikan harga tiket masuk juga berlaku untuk turis asing, yakni USD 100 atau sekitar Rp 1,4 juta. Buat pelajar tiketnya dipangkas menjadi Rp 5 ribu.

Menurut Luhut, sebagai situs sejarah, Candi Borobudur memiliki berbagai kerentanan dan juga ancaman. Berdasarkan kajian dari berbagai ahli yang memberikan masukan kepada pemerintah, kondisi situs bersejarah itu saat ini mulai mengalami pelapukan. Selain itu, perubahan iklim hingga potensi erupsi gunung berapi, gempa bumi, juga menjadi tantangan tersendiri.

Berdasarkan pengamatan Balai Konservasi Borobudur, di lantai 9 dan 10 Candi Borobudur telah mengalami kerusakan hampir 30%. Sementara itu, di tangga-tangga menuju lantai yang ditutup itu ada kerusakan hampir 40%.

Kerusakan pun bermacam-macam, ada batuan candi yang tergores sekitar satu mili, 2 cm, bahkan ada yang 4 cm. Di beberapa tempat pun disebut terlihat ada batu-batu pembentuk candi yang sudah agak miring.

Maka wajar saja bila pemerintah berencana melakukan pembatasan ketat untuk pengunjung Candi Borobudur, salah satunya dengan 'memahalkan' biaya untuk naik ke area Candi.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan