Mohon tunggu...
Nuraeny Aprilia
Nuraeny Aprilia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

Hobi memancing

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pembuatan Denah Infrastruktur di Wilayah RW 01 Kelurahan Gegerkalong

16 Agustus 2022   14:24 Diperbarui: 16 Agustus 2022   14:38 171 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Anggota kelompok 9 KKN UPI 2022 bersama Ibu DPL dan Ketua RW.01 (dokpri)

KKN atau Kuliah Kerja Nyata yang diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Indonesia ini merupakan salah satu mata kuliah wajib, yang bertujuan untuk memenuhi salah satu poin dari Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian pada masyarakat. 

Program yang bertemakan "Peberdayaan Masyarakar Berbasis SDG's Desa dan MBKM" bertujuan agar para mahasiswa dapat melakukan edukasi, sosialisasi, pendampingan dan pendataan terhadap poin-poin penting dalam Suistanable Development Goals (SDG's).

Dengan bertemakan "Desa Infrastruktur dan Inovasi", maka kelompok 9 melakukan beberapa program kerja, salah satunya adalah pembuatan denah di RW. 01 Kelurahan Gegerkalong Kecamatan Sukasari Kota Bandung. Program kerja ini dilakukan atas rekomendasi dari Bapak Agung selaku Ketua RW. 01. 

Pembuatan denah ini juga sekaligus untuk pendataan titik-titik lokasi seperti rumah, home industry, wirausaha dan lain-lain yang ada disekitar wilayah RW. 01 Kelurahan Gegerkalong.

Pengertian infrastruktur menurut Neil S. Grigg yaitu sebuah sistem fisik yang menyediakan sarana pengairan, drainase, transportasi, bangunan gedung, dan fasilitas fisik yang diperlukan untuk bisa memenuhi berbagai keperluan dasar manusia, baik kebutuhan ekonomi maupun kebutuhan sosial. Maka dari itu, terdapat beberapa simbol maupun arsir sebagai penanda jalan, rumah, kosan/kontrakan, tempat ibadah dll.

Pembuatan denah diawali dengan pendataan manual oleh seluruh anggota kelompok yang dibagi lagi menjadi beberapa kelompok di tujuh rukun tetangga yang ada. Setelah seluruh data didapat, maka langkah selanjutnya adalah tahap penggambaran denah. 

Ada banyak aplikasi yang dapat digunakan dalam pembuatan denah. Berdasarkan data dan fasilitas yang dimiliki, maka kami memilih AutoCAD sebagai aplikasi pembuatan denah ini. AutoCAD sendiri adalah sebuah perangkat lunak 2D dan 3D yang membantu insinyur, arsitek dan profesional lain dalam keperluan perencanaan . 

Proses pembuatan denah di AutoCAD (dokpri)
Proses pembuatan denah di AutoCAD (dokpri)
Salah satu denah yang dihasilkan (RT3) (dokpri)
Salah satu denah yang dihasilkan (RT3) (dokpri)

Selain denah per RT, kami juga membuat denah keseluruhan dari RW.01 Kelurahan Gegerkalong. Disetiap denah terdapat qrcode yang berisi gambar denah serta foto beberapa lokasi seperti kosan/kontrakan, home industry  dan lain-lain agar mempermudah pembaca denah terutama untuk para ojek online dan pihak ekspedisi dalam menemukan lokasi yang dituju. 

Setelah didapatkan output dari AutoCAD lalu dicetak menjadi spanduk dan diletakan di beberapa titik yang strategis di setiap RT diwilayah RW.01 Kelurahan Gegerkalong.

Dari program kerja pembuatan denah ini, diharapkan dapat mempermudah masyarakat umum yang melintas di RW.01 Kelurahan Gegerkalong dan kesulitan dalam mencari arah dikarenakan tidak validnya google maps.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan