Mohon tunggu...
Nur AnidaFajriati
Nur AnidaFajriati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Jurusan Akuntansi Di Universitas Palangkaraya

ffffffff

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Mengenal Apa Itu Pasar Oligopoli Dan Monopolistik

1 Desember 2022   04:33 Diperbarui: 1 Desember 2022   04:59 1743
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

A. Pengertian Oligopoli

Oligopoli adalah keadaan dimana hanya ada beberapa perusahaan yang mengusai pasar baik secara independen maupun secara diam diam bekerja sama.Pasar ini sering di sebut pasar persaingan tidak sempurna karena jumlah penjual dan pembeli tidak seimbang dimana biasanya jumlah penjual lebih sedikit sedangkan jumlah pembeli yang sangat banyak. Biasanya pasar oligopoli terdiri dari lebih 2 produsen dan tidak lebih dari 10 produsen.Barang yang di jual di dalam pasar oligopoli bersifat homogen.

Karena jumlah penjual dan pembeli yang tidak seimbang akan berpengaruh ke harga pasar dengan selisih yang tinggi. Persaingan pun di pasar oligopoli sangatlah ketat karna para produsen saling bersaing untuk mendapat konsumen sebanyak-banyaknya. Bahkan para produsen juga biasanya saling banting harga untuk mendapatkan konsumen.

 B. Ciri-Ciri Pasar Oligopoli

  • Biasanya produsen lebih dari 2 dan tidak lebih dari 10
  • Barang yang di jual sama atau serupa atau di sebut homogen.
  • Promosi dan iklan sangat bepengaruh untuk menarik perhatian konsumen
  • Perusahaan baru biasanya sulit bergabung atau masuk ke pasar.
  • Kebijakan harga dari produsen utama biasanya mempengaruhi harga produsen lain.
  • Harga Produsen satu dan produsen lain biasanya relatif sama

C.Jenis-Jenis Pasar Oligopoli

  • Pasar oligopoli murni

Pasar ini adalah pasar yang menjual satu jenis barang saja. Meskipun begitu biasanya pilihan barang nya cukup banyak.Dan juga biasanya harga nya tidak jauh berbeda.

  • Pasar oligopoli terdiferensasi

Pasar ini  juga hanya menjual satu jenis barang saja, namun varian dan harganya tidak sama antar perusahaan satu dan perusahaan lainnya. Makanya harga dari produsen satu dan lainnya mengalami yang namanya diferensasi.

  • Pasar Non-Kolusi

Perusahaan biasanya tidak saling bekerja sama tapi saling membutuhkan satu sama lain. Contohnya seperti cola-cola dan sprite, dalam jenis ini produsen akan melihat harga produsen lain agar bisa melakukan perkembangan dalam bisnis dan membuat produsen lain tidak dapat bersaing di pasar.

  • Pasar oligopoli kolusi

Dalam oligopoli kolusi perusahaan biasanya bekerja sama dengan perusahaan lain dalam menjalankan bisnis. Biasnya  hal ini dilakukan untuk menaikkan harga suatu produk.Contohnya adalah perusahaan minyak.

D.Keseimbangan Oligopoli berdasarkan Model-Modelnya.

1. Duopoli

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun