Mohon tunggu...
Nur Fadhilah
Nur Fadhilah Mohon Tunggu... Lainnya - Astisten Peneliti/ Puslitkes Undip

Hobi memasak, traveling

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Dalam Rangka Mengembangkan Taman Lansia di Kota Semarang, Sport Corner Ramah Usia Resmi Dibuka!

23 September 2022   13:54 Diperbarui: 23 September 2022   14:02 32 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Semarang (11/9/2022) Semarang menjadi salah satu kota dengan jumlah populasi lansia yang cukup besar di Indonesia.  Pembangunan taman lansia di Kota Semarang sangat dibutuhkan guna meningkatkan kualitas hidup lansia. Olahraga harus menjadi rutinitas lansia untuk mencapai kondisi sehat. Dalam rangka mengembangkan taman lansia di Kota Semarang, Program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (P3M) UNDIP bermitra dengan KORMI megadakan fasilitas alat olahraga ramah usia.

Kecamatan Gajahmungkur menjadi wilayah pertama di Kota Semarang yang telah memiliki taman lansia, tepatnya di Jl. Tumpang, Gajahmungkur. Hal ini membuat Taman Lansia Gajahmungkur dipilih menjadi lokasi yang tepat untuk pengadaan fasilitas olahraga ramah usia. Pengadaan fasilitas olahraga dilaksanakan dengan menyesuaikan aktivitas olahraga yang aman dan sesuai dengan usia lanjut diantaranya treadmill untuk jalan sehat, sepeda statis untuk bersepeda santai, dan air walker untuk mengencangkan otot.

Peresmian "Sport Corner Ramah Usia" dilaksanakan di taman lansia Gajahmungkur Semarang. Acara tersebut dihadiri oleh pemerintah daerah setempat seperti anggota DPRD Kota Semarang Pak Yoshi Yonardo SE, Bapak Camat dan Lurah Gajahmungkur. Selain itu juga dihadiri oleh perwakilan KORMI Kota Semarang serta dosen dari fakultas kedokeran sebagai narasumber.

Dok. pribadi
Dok. pribadi

Sport corner ramah usia diresmikan oleh Camat Gajahmungkur Pak Adhe Bhakti Ariawan. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat tersebut tidak hanya meresmikan sport corner ramah usia, tetapi juga diadakan senam bersama, penyuluhan dan konsultasi kesehatan lansia.

Acara tersebut sangat meriah dan mendapat antusias yang luar biasa dari masyarakat khususnya lansia. Antusias lansia terlihat dari partisipasinya dalam mengikuti setiap rangkaian kegiatan dari awal hingga akhir acara. Masyarakat sangat menyambut baik dengan adanya bantuan pengadaan fasilitas alat olahraga ramah usia di taman lansia gajahmungkur. Harapannya, dengan adanya Sport Corner ini dapat bermanfaat bagi lansia dalam meningkatkan derajat kesehatan  serta kualitas hidup, sehingga tercipta lansia yang mandiri, produktif, sehat, dan bahagia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan