Mohon tunggu...
Nur Afiana
Nur Afiana Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - pelajar

hobi memasak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mahasiswa Undip Kenalkan Pengelolaan Sampah! Langkah Mudah Menjadi Ramah Lingkungan

14 Agustus 2022   20:24 Diperbarui: 14 Agustus 2022   20:26 30 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Sabtu(23/7) Mahasiswa KKN TIM II UNDIP-Nur Afiana Dewi prodi Teknik Lingkungan melakukan sosialisasi Pengelolaan Sampah Skala Rumah dan Desa di Posko KKN TIM II UNDIP Desa Canggal.Sosialisasi ini dilakukan berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang menunjukkan bahwa pengelolaaan sampah di Desa Canggal belum berjalan dengan baik.Selain itu terdapat masyarakat yang masih membuang sampah di sungai sehingga banyak tumpukan sampah yang berada disekitar aliran air sungai.

Mahasiswa Undip
Mahasiswa Undip

Sampah merupakan sisa dari kegiatan manusia.Setiap hari manusia pasti menghasilkan sampah baik sampah organik,anorganik ataupun residu.Namun sedikit orang yang tau bagaimana cara mengelola sampah yang dihasilkan setiap harinya.Maka dari itu sosialisasi mengenai pengelolaan sampah skala rumah dan desa ini sangat penting dalam mengatasi banyaknya sampah yang dihasilkan setiap harinya.

Sosialisasi ini dihadiri oleh Kepala Desa dan perwakilan pengelola sampah Desa Canggal.Materi sosialisasi ini meliputi pengertian pengelolaan sampah skala rumah dan desa,jenis sampah dan pengolahan sampah menurut jenisnya.Antusias dari pengelola dalam mencari tahu proses pengolahan sampah sangat luar biasa.Selain itu dalam sosialisasi ini dilakukan pengenalan mengenai pembuatan ecobrik,biopori,pembuatan pupuk organik cair,dan ecoenzim serta diperkenalkan manfaat dari masing-masing pengelolaan sampah tersebut.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini diharapkan pengelola sampah memiliki bekal dalam tahap pelaksanaan secara langsung dan bagaimana penerapan pemanfaatan sampah.

Penulis:Nur Afiana Dewi
DPL:Ir.Sulistyo,M.T.,Ph.D.
Lokasi KKN:Desa Canggal,Kecamatan Candiroto,Kabupaten Temanggung,Jawa Tengah

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan