Mohon tunggu...
Nur AiniFauziyah
Nur AiniFauziyah Mohon Tunggu... Dosen - Dosen/UPN Veteran Jawa Timur

fisika material

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Gelar Pelatihan POC Di Panti Asuhan Aisyiyah 1 Baratajaya, Bukti Kepedulian UPN Veteran Jawa Timur pada Kesehatan Bumi

8 Juli 2022   06:00 Diperbarui: 8 Juli 2022   06:23 379
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Surabaya, Berbagai alternatif pengolahan sampah telah banyak dilakukan, salah satunya oleh para dosen dan mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur. Pada Selasa, 5 Juli 2022, yang diketuai oleh Dr. Nur Aini Fauziyah, dosen dan mahasiswa UPN Veteran Jawa timur telah melakukan kegiatan pengabdian masyarakat untuk mengolah sampah organik menjadi pupuk organik cair (POC) di Panti Asuhan Aisyiyah 1 Baratajaya.

Pelatihan ini merupakan kegiatan tridharma yang diikuti oleh beberapa disiplin ilmu, diantaranya dari Prodi Teknik Kimia (Bu Dyah, Bu Reva, Bu Yelvia), Prodi Teknik Sipil (Bu Prima, Bu Zainab, Bu Novie, dan Pak Bagas), serta tiga mahasiswa dari Prodi Teknik Kimia (Jibraltar, Listyorini, dan Anisa). Berdasarkan keterangan yang telah diberikan oleh ketua dalam presentasinya bahwa "Ini adalah langkah awal demi menyelamatkan bumi kita. Jika ditekuni maka kegiatan pembuatan POC bisa menjadi alternatif penghasilan baru juga".

POC adalah hal baru bagi anak-anak asuh di Panti Aisyiyah 1 Baratajaya kareana sebelumnya mereka langsung membuang sampah ke tempat sampah tanpa mengolah, atau memilahnya. Salah satu hal yang mereka takutkan adalah bau busuk yang ditimbulkan oleh kompos. Ketakutan ini membuat mereka enggan mengolah sampah.

Pandangan baru akan kompos kini mulai dirasakan oleh anak asuh Panti Aisyiyah 1 Baratajaya. Ternyata komposter yang dihibahkan oleh tim Pengabdian UPN Veteran Jawa Timur sangat simpel dan tidak menimbulkan bau busuk sehingga tidak mengundang lalat. Mereka pun telah membahu POC yang dibawa oleh tim pengabdian dan membuktikan bahwa POC yang dihasilkan berbau khas fermentasi.

Keselamatan bumi kita harus dijaga sejak dini salah satunya melalui kesadaran diri dan menciptakan habit baru dalam mengolah sampah organik.


Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun