Mohon tunggu...
Nur Fauziah Latif
Nur Fauziah Latif Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta

hobi membaca, menulis, dan berolahraga.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengelolaan Sumber Daya Manusia sebagai Faktor Keberhasilan Pembangunan Bidang Infrastruktur

11 Juni 2022   16:17 Diperbarui: 11 Juni 2022   16:25 245 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sumber daya manusia memiliki peran penting dalam penunjang keberhasilan negeri melalui penguasaan teknologi yang memberikan dampak menguntungkan serta kontribusi yang dinilai positif. Tentunya diperlukan berbagai pelatihan khusus untuk masyarakat dalam meningkatkan skill individu melalui program-program pelatihan yang telah diberikan pemerintah kepada masyarakat. Dengan adanya pelatihan rutin, semangat, dan rasa ingin tahu masyarakat dapat menujang skill dan kecerdasan intelektual masyarakat menjadi lebih kritis, modern, dan terdepan. Pada dasarnya manusia memiliki kecerdasaan yang luar biasa apabila dibarengi dengan sikap tanggung jawab, kerja keras, dan pantang menyerah. 

Sumber Daya Manusia tentu memiliki peran serta fungsi yang terbilang sangat penting, yakni SDM menentukan apa-apa saja faktor produksi, membangun menjadi sebuah program/produk, serta yang mengembangkan dan menjalankan perusahaan sesuai dengan tujuan dan permasalahan masyarakat. apabila SDM tidak mumpuni dan memadai dapat dipastikan bahwa perusahaan akan gagal dalam mencapai tujuan dan otomatis bangkrut atau tidak berkembang. Maka dari itu, diperlukan strategi-strategi yang mumpuni untuk menunjang kemampuan diri (SDM) seperti ;

  • Meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi dan penguasaan Iptek.
  • Meningkatkan kecerdasan intelektual yang kritis, berfikir maju, dan modern.
  • Memiliki sikap tanggung jawab, toleransi, dan kepemimpinan yang baik.

Pembangunan Infrastruktur di Indonesia tentu memberikan kontribusi yang positif terhadap kemajuan negeri karena dengan pembangunan infrastruktur yang efektif bagi masyarakat akan memberikan efek yang mendorong kemajuan. Seperti pembangunan infrastruktur MRT, Jembatan, Jalan Tol, dll. Merupakan beberapa infrastruktur yang sangat efisien tentu memberikan solusi atau kemudahan kepada masyarakat terutama infrastruktur dibidang Transportasi.

Pembangunan efektif adalah pembangunan yang dapat memberikan dampak positif dan manfaat yang memberikan solusi terhadap keluhan masyarakat. Berbagai faktor penunjang keberhasilan pembangunan, sumber daya manusia merupakan komponen penting dan utama terhadap pembangunan dan pengusaan teknologi yang sangat efektif dengan tujuan dan keberhasilan. Dapat dikatakan bahwa sumber daya manusia dan pengusaan iptek merupakan dua komponen yang saling berhubungan dan memiliki keterkaitan yang positif terutama penunjang pembangunan bangsa Indonesia. Strategi-Strategi dalam menerapkan pembangunan infrastruktur yang dapat menunjang keberhasilan pembangunan di Indonesia ;

  • Mempertimbangkan segala dampak dan efek atas pembangunan seperti aspek lingkungan, sosial, ekonomi, dll.
  • Melakukan pembangunan yang menjadi solusi dari keluhan masyarakat yang tidak merusak lingkungan (ramah lingkungan).
  • Pembangunan didasari pada pemenuhan kebutuhan masyarakat misal pada sektor perekonomian (MRT, Busway, Jalan Tol).
  • Pembangunan fasilitas kesehatan seperti Pendidikan, Rumah Sakit, Tempat Olahraga, dll.
  • Melakukan pembangunan yang merata diseluruh wilayah serta meningkatkan pelayanan publik.

Pembangunan infrastruktur berupa sarana prasarana dalam bentuk fasilitas umum merupakan aspek penting dalam pertumbuhan ekonomi karena dengan adanya infrastruktur yang baik memberi efek baik terhadap pertumbuhan perekonomian, sehingga menciptakan lapangan pekerjaan baru yang luas yang dapat meminimalisirkan angka kemiskinan dan membuat pendapatan perkapita negara semakin meningkat. Fasilitas umum terutama fasilitas transportasi yang mempermudah kegiatan manusia dalam perjalanan, pengiriman barang, pemberian jasa di dalam negeri.

Infrastruktur memiliki pengaruh penting dalam peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan manusia, seperti peningkatan dalam jumlah konsumsi, peningkatan dalam kegiatan produktivitas tenaga kerja dan akses lapangan pekerjaan, serta peningkatan kemakmuran dengan adanya stabilisasi ekonomi di dalam negeri dan masyarakat. Diperlukan strategi pembangunan dalam rangka mencapai visi dan misi serta meningkatkan kinerja yang akan mempengaruhi organisasi atau pemerintahan sehingga mengalami kesuksesan dalam pembangunan yang berkelanjutan. 

Pembangunan infrastruktur tergolong sebagai sebuah investasi jangka panjang. Ketika sebuah negara dalam keadaan lemah maka dapat dikatakan keadaan ekonomi tidak berjalan sesuai tujuan. Infrastruktur merupakan salah satu solusi lemahnya ekonomi dan keadaan sosial suatu negara. Menciptakan berkembangnya berbagai industri kreatif baik dari kalangan bawah sampai atas. Berbagai faktor yang menjadi alasan pembangunan infrastruktur tergolong sebagai investasi jangka panjang.

  • Pembangunan yang merata diseluruh daerah dan dapat dirasakan oleh setiap masyarakat dengan pembangunan yang merata diharapkan masyarakat mampu berkontribusi dan berkesempatan dalam memperbaiki keadaan ekonomi.
  • Pembangunan Infrastruktur membuka lapangan pekerjaan yang luas yang memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk berkontribusi secara langsung dan memberikan kesempatan masyarakat untuk berkembang menjadi lebih maju dalam segi apapun terutama dalam segi finansial dan sosial.
  • Pembangunan yang merata dapat mempermudah terjadinya pemerataan dalam pertumbuhan ekonomi dengan banyaknya kesempatan dan peluang dalam pembangunan infrastruktur maka akan mudah dalam mendapatkan investor baik dalam negeri maupun luar negeri. Adanya investasi sangat mempengaruhi kestabilitasan perekonomian serta dapat melakukan pembangunan yang efektif.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan