Perkembangan teknologi dan informasi membawa dampak yang sangat besar bagi pertumbuhan ekonomi. Hal ini menyebabkan persaingan di dunia bisnis semakin ketat, sebab, teknologi membuat semakin mudahnya proses produksi dan penjualan.Â
Tak jarang banyak sekali para pebisnis yang menggunakan trik -- trik tertentu untuk meningkatkan penjualannya guna memperoleh keuntungan yang lebih besar. Salah satunya adalah dengan melalui pendekatan psikologi, yakni dengan menggunakan teori asosiasitik.
Teori asosiasistik adalah teori yang berpendapat bahwa perilaku atau tingkah laku adalah hasil dari suatu proses pembelajaran. Sebagai contoh adalah pemberian bonus kepada karyawan yang telah mencapai target penjualan tertentu.Â
Karena karyawan sudah memahami jika ia dapat mencapai target penjualan ia akan mendapat hadiah, maka hal tersebut akan memotivasi mereka untuk lebih giat lagi dalam melakukan pemasaran dan hasil penjualan dapat lebih meningkat.