Mohon tunggu...
NUR FITRI ASTUTI HERLINA
NUR FITRI ASTUTI HERLINA Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Mahasiswa Universitas Negeri Jakarta

Pendidikan Sosiologi A 2021

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Mengenal Lebih Dekat tentang Ruang Sosial dan Uang Georg Simmel

26 September 2022   17:20 Diperbarui: 26 September 2022   17:27 66 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Buku berjudul The Philosophy of money merupakan salah satu karya dari sosiolog jerman yakni georg simmel. Sebelum membahas pemikirannya ada baiknya kita mengenal siapakah georg simmel?

Georg  simmel merupakan sosiolog  jerman yang lahir di berlin 1maret 1858 dan meninggal duniapada 1918. Ia lulusan dari universitas berlin, semasa menimba ilmu ia banyak mempelajari berbagai ilmu pengetahuan diantaranya filsafat, psikologi, sejarah, dan Bahasa italia. Sosok simmel berperan didalam perkembangan ilmu sosoiologi. Ia melopori sebuah konsep ruang sosial

Menurutnya ruang sosial terdapat produksi & reproduksi dinamika yang ada dalam masyarakat. Aspek relasionis yang membentuk masyarakat memiliki sebuah ciri. Ciri masyarakat ditentukan dari produksi dan reproduksinya.

Sosiologi menurut simmel yakni studi bentuk interaksi asosiasi, asosiasi yakni bagaimana suatu masyarakt bisa membaur dan berinteraksi dengan masyarakat lainnya. 

Terdapat dua produk dari asosiasi yakni uang dan kebudayaan. Kerangka ruang dan waktu dapat digunakan masyarakat dalam bekerja maka dari itu haruslah bisa seorang individu beradaptasi dalam kerangka tersebut. 

Bagian dari bentuk totalitas ialah masyarakt, tidak hanya totalitas tetapi bagian dari asosiasi, objek estetika dan aktivitas berpengalaman. Ruang dan waktu dapat dikatakan sebagai pilar dasar dalam suatu konstruksi masyarakat dikarenakanmemiliki konsep tindakan sosial dijadikan pengalaman ia hidup.

Dalam ruang ada yang dinamakan tindakan kumulatif, individua tau actor masyarakat akan menabung beberapa pengalaman yang dipunyanya lalu akan dieksekkusi pada tindakan kumulatif . pengalaman tersebut tentunya dipengaruhi oleh mediasi eksternal, artinya pengalaman individu yang telah ia lalui akan menjadi bahan pertimbangannya dalam bertindak.

Ruang memiliki lima aspek yakni eksklusivitas berarti didalam ruang bersifat unik dan berbeda dengan yang lain disebabkan oleh proses asosiasi, reproduksi dan produksi yang berbeda, lalu batasan ruang menciptakan suatu unit ruang berserta pembagiannya disebabkan actor berkeinginan memiliki ruangan yang lainnya, lalu ketetapan bentuk sosial atau terdaat sebuah aturan dan tujuan. 

Lalu kedekatan dan jarak antar ruang maksudnya jika actor tidak mempelajari ruang sosial yang dimiliki maka akan menghasilkan sebuah jarak dan sebaliknya lalu yang terakhir mobilitas ruang berarti dari tiap ruang sosial memiliki suatu keadaan dinamis, selalu berubah-ubah berjalan dengan ciri yang dimiliki actor

Uang didalam buku yang simmel tulis dimaksudkan sebagai bagian dalam relasi interaksi masyarakat yang bisa mengikat untuk berinteraksi membangun relasi. Pemikiran simmel tersebut tidaklah mulus, ada yang mengkritiknya dan mengemukakan bahwa pola relasi tidak semuanya didasari oleh uang, namun begitu uang bisa untuk menyatukan sebuah objek dan jarak dan terciptanya sebuah relasi yang mempunyai sebuah makna kepemilikan atas obejek.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan