Mohon tunggu...
Nur Pahdilah
Nur Pahdilah Mohon Tunggu... Mahasiswa FISIP UHAMKA

Terus belajar dan menjadikan ilmu sebagai penuntun masa depan

Selanjutnya

Tutup

Media

Mencari Tahu Sisi Lain dari Penggunaan Media Sosial

25 Januari 2021   14:47 Diperbarui: 26 Januari 2021   00:51 122 4 3 Mohon Tunggu...


Kalian tau gak sih, sisi lain dari media sosial itu apa saja? Kita akan membahas sisi kelebihan dan kekurangan media sosial beserta dengan contoh yang pernah terjadi. Yuk kita bahas sisi tersebut!

Pelatihan Ngeblog dan content creative untuk mendukung keterampilan kader Nasyiatul 'Aisyiyah Jakarta Selatan

Media sosial merupakan suatu alat, yang dimana penggunanya bisa dengan bebas untuk menciptakan kreatifitas, berbagi informasi dan dapat berperan langsung di dalamnya. Banyak media sosial yang tercipta, mulai dari instagram, youtube, fecebook, whatsapp dan lainnya. Perkembangan pada media sosial yang semakin pesat disetiap tahunnya, membuat akses menjadi lebih mudah serta menjadikan nilai plus untuk para penggunanya. Maka dari itu, tidak heran jika media sosial kini menjadi sebuah wadah yang menaungi informasi dan komunikasi bagi banyak orang di zaman sekarang ini.

Banyak dampak positif tentang penggunaan media sosial, seperti mudahnya menyampaikan informasi, mudahnya informasi terjangkau secara lebih luas lagi, karena itu media sosial yang ada saat ini seperti aplikasi whatsapp mudah sekali menggantikan surat menyurat seperti yang dahulu dilakukan. Namun, bukan berarti media sosial ini tidak mempunyai nilai negatif. Seperti yang kita ketahui, akhir-akhir ini banyak terjadi kasus bullying, dimana kita tahu bullying di dalam media sosial seperti Instagram kerap sekali terjadi, dan peristiwa bullying ini bisa disebut sebagai hal yang lumrah pada media sosial tersebut. Selain itu, kelemahan masyarakat dalam mencari tahu informasi menjadikan para penyebar berita palsu (hoax), biasanya mudah tersebar dan mulai memperkeruh suasana yang ada untuk tujuan tertentu. Kita harus menggunakan media sosial dengan cermat, serta tidak dengan mudah percaya oleh satu sumber informasi yang disebarkan, dan selalu mengecek ulang kembali informasi. 

Maka dari itu, sangat penting bagi masyarakat untuk memahami penggunaan media sosial. Sebagaimana dari sebuah kutipan " Orang-orang yang berhenti belajar akan menjadi pemilik masa lalu. Orang-orang yang masih terus belajar, akan menjadi pemilik masa depan ". Sebagai generasi penerus bangsa, kita harus dengan cerdas menggunakan media sosial. Banyak manfaat yang dapat kita lakukan di media sosial, seperti kita dapat membuat hal-hal positif dengan vlog video informasi yang akan bermanfaat bagi masyarakat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x