Mohon tunggu...
Nunik Utami
Nunik Utami Mohon Tunggu... Lainnya - Penulis

Penulis, Blogger, Editor Buku, Trainer Penulisan https://www.nunikutami.com

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

LIXIL, Perpaduan Selaras antara Desain, Kualitas, dan Teknologi Ramah Lingkungan

24 Juli 2013   12:12 Diperbarui: 24 Juni 2015   10:06 227
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

“Mbak, rumahnya mau dijual, nggak? Kalau mau dijual, ke saya saja, ya. Di situ airnya bagus, Mbak. Kalau di rumah saya, airnya jelek. Nggak bisa untuk nyuci.”. Saya tertegun membaca pesan singkat yang dikirim oleh tetangga depan rumah. Detik itu juga saya teringat pada rumah yang cicilannya baru selesai tahun depan. Sejak 2006, rumah itu tidak lagi saya tempati. Saya malah memilih mengontrak rumah di daerah lain yang jaraknya sekitar 20 km dari rumah itu, hingga sekarang. Jujur saja, saya sama sekali tidak berminat menjualnya. Tapi, saya miris mendengar tetangga yang kesulitan air bersih. Sementara, rumah saya yang airnya jernih dan tidak pernah mengalami kekeringan, saya tinggalkan begitu saja. Bukan apa-apa. Setelah nyaris tujuh tahun tak pernah ditempati, saya harus merenovasi dulu jika ingin menempati rumah itu lagi. Masalahnya, merenovasi rumah itu butuh biaya yang tidak sedikit. Apalagi jika menginginkan desain interior dengan tampilan modern. Saya merasa seperti bertemu jodoh ketika diundang menghadiri konferensi pers LIXIL di Restoran Seribu Rasa, Menteng, 18 Juni 2013. Nama LIXIL memang masih terasa asing di telinga. Tapi, ketika mendengar American Standard’s, barulah saya tahu. LIXIL adalah perusahaan pemasok terbesar bahan konstruksi dan perlengkapan bangunan di Jepang. Perusahaan ini dibentuk pada 1 April 2011, dari penggabungan beberapa beberapa perusahaan, di antaranya adalah Inax, Tostem, Shin Nikkei, Sun Wave, dan Toyo Exterior. [caption id="attachment_277177" align="aligncenter" width="300" caption="Merk-merk dari LIXIL Group (Foto: koleksi pribadi)"][/caption] Kini, LIXIL hadir di Indonesia melalui merk American Standard’s. Siapa sih, yang tidak mengenal merk yang satu ini? Selama ini American Standard’s telah dikenal sebagai brand yang menawarkan solusi lengkap kamar mandi. Produknya adalah closet, bathtub, shower, keran faucett, keran mixer, dan masih banyak lagi. Juga, bermacam-macam aksesoris untuk bangunan tempat tinggal, kantor, atau bangunan komersial. Misalnya, tiles, kitchen, dan window sash. Ke depannya, LIXIL akan menghadirkan lagi produk-produk dari berbagai brand yang juga telah sukses.

[caption id="attachment_277178" align="aligncenter" width="300" caption="Produk-produk LIXIL Group (Foto: koleksi pribadi)"]

13746413731862136319
13746413731862136319
[/caption] Saya langsung mendapat titik cerah untuk merenovasi rumah. Eh, tapi, ini kan, merk ternama. Pasti harganya mahal. Apalagi, Burj Al Arab, hotel mewah di Dubai, menggunakan bahan bangunan dari LIXIL, terutama pada yang bagian yang melengkung. Ini hotel bintang tujuh, lho! Desainnya yang melengkung seperti layar kapal itu didukung oleh kualitas bahan bangunan yang diproduksi oleh LIXIL.

[caption id="attachment_277172" align="aligncenter" width="300" caption="Burj Al Arab, hotel bintang tujuh di Dubai, bahan bangunan pada bagian yang melengkung itu menggunakan produk LIXIL (Foto diambil dari http://zis54.blogspot.com)"]

1374640512468395247
1374640512468395247
[/caption] Emirates Palace yang cantik itu juga menggunakan produk LIXIL. Lebih dari 30 bangunan di Beijing Olympics 2008 yang megah, juga “dipegang” oleh  perusahaan pemasok bahan konstruksi yang berpusat di Jepang ini. Mana mungkin saya bisa merenovasi rumah menggunakan brand yang produk-produknya mahal ini? [caption id="attachment_277173" align="aligncenter" width="300" caption="Emirates Palace, Abu Dhabi. Menggunakan bahan bangunan dari LIXIL juga (Foto diambil dari http://commons.wikimedia.org)"]
13746406902142648150
13746406902142648150
[/caption] Pernyataan Pak Arfindi Batubara, Marketing Director PT. American Standard’s Indonesia (LIXIL Group), menepis pikiran saya. “Produk American Standard’s diciptakan dalam jangkauan yang sangat luas, agar dapat dinikmati beberapa segmen masyarakat,” begitu katanya. Bahkan, Pak Iwan Dwi Irwanto selaku President Director perusahaan yang sama, menegaskan. “Strategi bisnis kami di LIXIL Corporation ini terus mengupayakan pertumbuhan usaha dengan menyediakan solusi berkualitas untuk bangunan perumahan, perkantoran, dan lingkungan tempat tinggal secara komprehensif.”

[caption id="attachment_277179" align="aligncenter" width="300" caption="Bapak Iwan Dwi Irwanto (President Director PT. American Standard) dan Bapak Arfindi Batubara (Marketing Director PT. American Standard’s Indonesia). (Foto: koleksi pribadi) "]

13746414712062629223
13746414712062629223
[/caption] Wah, saya merasa lega. Ternyata bukan hanya gedung mewah dan perkantoran megah yang dapat menjangkau produk berkualitas ini. Perumahan pun bisa menggunakannya, dengan harga yang “masuk”. Tapi, saya belum puas. Tetap saja, produk berkelas seperti ini biasanya hanya mengutamakan desain dan melupakan dampak dari penggunaannya. Betapa tidak enaknya jika saya memakai saniter dari American Standard, yang bisa jor-joran dalam memakai air, sementara tetangga depan rumah merana karena kesulitan air bersih. [caption id="attachment_277185" align="aligncenter" width="300" caption="Konferensi pers berjalan seru (Foto: koleksi pribadi)"]
13746421581153699335
13746421581153699335
[/caption] Lagi-lagi Pak Arfindi menjelaskan. Bahwa, perusahaan secara sengaja menerapkan kesadaran atas lingkungan hidup, pada seluruh aspek kegiatan. Juga, mengenai apa, bagaimana, dan untuk siapa kita menciptakan pengaturan tempat tinggal yang lebih baik. Pak Iwan juga menambahkan. Tingkat pertumbuhan sektor properti dan konstruksi dalam beberapa tahun terakhir, mengalami peningkatan. Hal itu menunjukkan, solusi yang ditawarkan dalam berbagai keunggulan, seperti desain, kualitas, dukungan layanan purna jual, serta teknologi ramah lingkungan, akan mendapat tempat di hati masyarakat Indonesia. Keren juga ya, prinsipnya. LIXIL tidak hanya menjual produk dan mencari untung semata, tapi juga memerhatikan lingkungan hidup dan keseimbangan alam. Masalahnya, beneran nih, prinsip ini dilakukan secara konsisten?

[caption id="attachment_277183" align="aligncenter" width="300" caption="American Standard telah berkontribusi selama puluhan tahun (Foto: koleksi pribadi)"]

13746419032143363823
13746419032143363823
[/caption] Ternyata, komitmen tinggi terhadap lingkungan yang dipegang teguh oleh American Standard's, tercermin dari inovasi-inovasi produknya. Selain menggunakan bahan dengan standard tertinggi, divisi R&D telah berhasil menggabungkan teknologi efisiensi pemanfaatan air dengan estetika. Salah satu contohnya adalah produk closet. Tombol pada produk ini telah diaktifkan sensor penghematan air toiletnya. Sehingga, pada saat flushing, air yang digunakan hanya maksimal 3,6 liter, atau setengah dari pemakaian air pada produk lain. Meskipun pemakaian airnya sedikit, telah dijamin kebersihannya. Untuk keran juga ada ketentuan pemakaian air per menitnya. Ditambah lagi, produk-produk American Standard’s menggunakan material daur ulang, sesuai misi kepedulian lingkungan. Dan, saya semakin kagum saat mengetahui manajemen LIXIL memiliki filosofi yang dalam.  Filosofi ini dikenal dengan nama LIXIL TETRA, yaitu LIXIL CORE (defining the significance of our existence in society), LIXIL WAY (laying out our promise to customers and shareholders), LIXIL VISION (setting our management targets), dan LIXIL VALUE (embodying our shared values). [caption id="attachment_277180" align="aligncenter" width="300" caption="LIXIL Tetra, filosofinya management LIXIL (Foto: koleksi pribadi)"]
1374641668433044881
1374641668433044881
[/caption] Dari penjelasan ini, saya yang semula mengira tidak mungkin menggunakan produk American Standard's dari LIXIL Group, berpikir sebaliknya. Saya pun langsung melihat-lihat brosur yang ditawarkan. Benar kata Pak Iwan dan Pak Arfindi. Produk LIXIL tidak hanya untuk bangunan kantor dan gedung berskala besar, tetapi juga sesuai untuk para pemilik rumah yang menginginkan keunggulan desain dan fungsi berkualitas tinggi. [caption id="attachment_277186" align="aligncenter" width="300" caption="Saya dan sebagian peserta konferensi pers."]
13746422661270540787
13746422661270540787
[/caption] Jadi, ketika tetangga depan rumah mengirim pesan lagi melalui ponsel, saya langsung menjawab. Saya tidak akan menjual rumah itu. Nanti, ketika rumah itu sudah ditempati lagi, saya juga tidak perlu merasa tidak enak karena boros air. Kan, produk American Standard dari LIXIL ini sudah jelas hemat air dan ramah lingkungan.

Mohon tunggu...

Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun